خلق المرأة من ضلع: دراسة نقدية على رأى رفعت حسن حول حديث في صحيح البخاري رقم 3331

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Farida, Yusni (2011) خلق المرأة من ضلع: دراسة نقدية على رأى رفعت حسن حول حديث في صحيح البخاري رقم 3331. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (615kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (113kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (73kB)
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (511kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (617kB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (80kB) | Preview
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (167kB)

Abstract

Salah satu konsep dalam islam yang sering dipermasalahkan oleh kaum feminis adalah konsep penciptaan perempuan. Mereka menolak hadis Nabi saw. yang menyatakan bahwa perempuan tercipta dari tulang rusuk. Ulama sendiri berbeda pendapat mengenai nilai keshahihan hadis ini, sebagian dari mereka mengatakan bahwa hadis tersebut shahih secara sanad maupun matan dan sebagian yang lain mengatakan bahwa hadis tersebut dhaif baik sanad maupun matannya. Salah satu orang yang menolak keshahihan hadis tersebut dan mengatakan bahwa hadis tersebut dhaif dari segi sanad dan matan adalah Riffat Hasan, feminis asal Pakistan. Mengenai sanad hadis ia menyebutkan tiga hal yang menyebabkan kzdhciifan hadis tersebut, yaitu: Q) hadis tersebut termasuk hadis (gharib) karena diriwayatkan oleh perawi tunggal yaitu Abu Hurairah, 0) hadis tersebut termasuk dalam hadis yang mengindikasikan adanya ketidak-muttasi-lan antara perawinya, dan (V) di dalam hadis-hadis tersebut terdapat para perawi yang tidak dapat dipercaya (diantaranya, Maisarah al Asyja’i, Haramlah bin Yahya, Zaidah dan Abu Zinad). Riffat hasan mendasarkan penilaiannya ini kepada ad-Dzahabi dalam kitabnya Mizan al I'tidal fi Naqd ar Rijal. Sedangkan dari segi matan hadis, menurutnya hadis ini bertentangan dengan al Quran yang menyatakan bahwa umat manusia diciptakan dari nafs wahidah dan diciptakan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui derajat hadis, dengan cara melakukan penelitian terhadap hadis-hadis tersebut dengan metode kritik sanad dan kritik matan serta menganalisa pendapat Riffat Hasan yang mendhaifkannya. Dari data yang ditemukan menunjukkan bahwa hadis tentang penciptaan perempuan bemilai shahih baik dari segi sanad dan matannya. Adapun kritik yang disampaikan Riffat Hasan tidak dapat membuktikan bahwa nilai dari hadis tersebut dhaif, baik dari segi sanad ataupun matan. Seperti halnya saat dilakukan penelitian ulang terhadap para perawi yang telah ia dhaifkan, dengan merujuk pada kitab yang sama yaitu Mizan al F tidal fi Naqd ar Rijal, temyata tidak terbukti bahwa para perawi diatas tidak dapat dipercaya. Contohnya saja Maisarah al Asyja’i, Maisaroh yang di dhaifkan oleh ad Dzahabi adalah Maisarah bin abd rabih al farisi dan Maisarah yang meriwayatkan dari fadhalah bin ubaid. Begitu juga dengan kritikan-kritikannya yang lain, kritikan tersebut tidak dapat dijadikan dasar untuk mendhaifkan hadis tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Farida, Yusni--UNSPECIFIED
Subjects: Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Penciptaan perempuan; tulang rusuk
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tafsir Hadis
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 03 Nov 2017 07:35
Last Modified: 01 Nov 2018 02:11
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/20965

Actions (login required)

View Item View Item