Kajian komprehensif al Nafs al Muthmainnah dalam surat al Fajr (89): 27-30

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maisaroh, Maisaroh (2011) Kajian komprehensif al Nafs al Muthmainnah dalam surat al Fajr (89): 27-30. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (592kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (342kB) | Preview
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (217kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (223kB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (422kB) | Preview

Abstract

Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana penafsiran al-Nafs al-Muthmainnah dalam surat al-Fajr (89): 27-30 menurut para mufassir. Tujuan penelitian ini adalah untuk memproporsionalkan data penafsiran menurut para mufassir, sebagai wacana bagi umat islam tentang variasi-variasi penafsiran yang muncul dalam kalangan islam di zaman dulu dan sekarang, untuk bisa mengembangkan penafsiran ayat yang tidak dapat diterima masyarakat untuk dirasionalkan atau cukup dengan penafsiran yang ada. Dalam menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini bersifat kepustakaan (library research) dengan menggunakan Diskriptif-Analisis yaitu menggambarkan atau menjelaskan penafsiran-penafsiran para mufassir yang berkaitan dengan kajian komprehensif al-Nafs al-Muthmainnah dari seluruh aspek yang terkandung di dalam ayat-ayat al-Quran, kemudian dikuatkan dengan penafsiran ahli tafsir yang lain. Langkah-langkah penelitian ini adalah bab I merupakan kerangka berfikir, bab II adalah kerangka keilmuan, bab III menyajikan data kedua penafsir beserta pendukung-pendukung kedua penafsir dan menganalisa penafsiran kedua penafsir, dan pada bab IV adalah kesimpulan. Tentang nafsu kadang orang tidak mengatasnamakan atas nama Allah. Sehingga banyak orang yang menyalahgunakan kata nafs, pada akhirnya mereka akan terjerumus ke lembah nistaan (kegelapan). Sejak manusia dilahirkan ke bumi, berapa puluh tahun yang lalu, sudah berapa banyak membiarkan hati didominasi syahwat dan hawa nafsu. Pada dasarnya, jiwa ini seperti juga jasad, jasad yang membutuhkan makanan berupa: karbohidrat, vitamin, mineral, protein, dan sebagainya. Demikian pula dengan jiwa membutuhkan makanan, seperti; sholat, dzikir, puasa, dan sebagainya. Dengan iman Allah manusia akan selamat, apabila mereka mau berjalan di jalan Allah dengan syariat-syariatnya. Dan apabila kebodohan hati mereka digunakan, maka tersesatlah mereka dan akan mati sia-sia serta tidak akan bertemu Tuhan. hati yang bersih, hati yang tidak ternodai maka akan tergolong hati yang tentram (jiwa yang tenang). . Dalam penulisan ini hanya dikemukakan enam para mufassir tentang al-Nafs al-Muthmainnah dalam surat al Fajr (89) ayat 27-30. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu, al-Nafs al-Muthmainnah Manusia yang memiliki jiwa yang tenang selalu menjauh dari tempat-tempat yang hanya layak bagi martabat hewaniyah, seraya berupaya meninggi dengan segala potensi yang dimilikinya, ke arah tujuan spiritual yang mulia. Namun al-Nafs al-Muthmainnah jiwa yang dipanggil Allah SWT sebagai ahli kasih sayang, dari sebagian cobaan Tuhan, bersama dengan mereka di hari kiamat. Yang telah menyerah penuh dan tawakkal kepada Tuhannya, karena telah mencapai yakin terhadap Tuhannya. Dengan itu semua, mereka berhak untuk disebut dengan sebutan jiwa yang tenang di antaranya: 1) jiwa yang tenang; 2) kembali kepada Allah; 3) masuk kepada hamba-hamba Allah; 4) masuk dalam surga Allah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maisaroh, Maisaroh--UNSPECIFIED
Subjects: Tasawuf
Tafsir
Uncontrolled Keywords: al Nafs al Muthmainnah
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tafsir Hadis
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 02 Nov 2017 04:09
Last Modified: 01 Nov 2018 02:16
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/20938

Actions (login required)

View Item View Item