Peningkatan kemampuan menulis pelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan media gambar di kelas IV B SDN klapayan 2 sepulu bangkalan

Ulva, Maria (2012) Peningkatan kemampuan menulis pelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan media gambar di kelas IV B SDN klapayan 2 sepulu bangkalan. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (665kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (118kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (705kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (828kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (176kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (109kB)

Abstract

Mata pelajaran Bahasa Indonesia Di SDN Klapayan 2 Sepulu Bangkalan masih belum bisa mencapai hasil belajar yang maksimal. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya kurangnya Dalam usaha meningkatkan pengajaran menulis, guru perlu berusaha untuk mencari model yang tepat dalam menyampaikan pengajaran kepada siswa. Salah satunya ialah dengan banyakmemberikan bantuan dan dorongan. Tanpa doronga guru, pencapaian tujuan pengajaran menulis kurang berhasil. Wujud nyata keberhasilan pengajaran menulis ialah siswa dapat menghasilkan tulisan yang baik, tidak hanya tau teorinya saja. Menanggapi hal tersebut, maka dengan dilaksanannya media Gambar melalui penelitian tindakan kelas diharapkan dapat meningkatkan Kemampuan Menulis siswa mata pelajaran • Bahasa Indonesia pada siswa kelas IV B SDN Klapayan 2 Sepulu Bangkalan. Permasalahan yang dikaji pada penelitian ini adalah: Bagaimana penerapan media gambar pada kemampuan menulis siswa kelas IV SDN Klapayan 2 Sepulu Bangkalan. Bagaimana peningkatan kemampuan menulis siswa dengan menggunakan media gambar Kelas IV SDN Klapayan 2 Sepulu Bangkalan. Tujuan dari penelitian -ini adalah : ( 1) Untuk mengetahui penerapan media gambar pada kemampuan menulis siswa kelas IV SDN Klapayan 2 Sepulu Bangkalan. (2) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis siswa dengan menggunakan media gambar kelas IV SDN Klapayan 2 Sepulu Bangkalan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Adapun pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Dari uraian di atas peneliti menyimpulkan bahwa melalui media gambar siswa mampu meningkatkan kemampuan menulis. Penerapan media gambar pada materi menulis petunjuk melakukan sesuatu berjalan dengan baik melalui berbagai perbaikan dari tiap refleksi pada tiap siklus. Dilihat dari observasi aktivitas guru yang meningkat dari siklus I 72,22% (cukup) menjadi 86,11%. Dan observasi siswa yang meningkat dari siklus I 71 ,4 % menjadi 87,5 %. Dapat dilihat juga dari hasil tes produk dari siklus I yang memiliki rata-rata 733 menjadi 78,25 pada siklus II. Dan juga dapat dillihat dari hasil belajar siklus I yang memil i ki rata-rata 72,6 menjadi 77,4 hal ini menunjukan peningkatan kemampuan menulis petunjuk melakukan sesuatu pada tiap siklusnya. yang dikategorikan baik karena telah mencapai indikator yang ditetapkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Alfin, Jauharoti
Uncontrolled Keywords: Kemampuan menulis; media; Bahasa Indonesia
Subjects: Menulis
Pendidikan > Media
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 01 Nov 2017 07:15
Last Modified: 01 Nov 2017 07:15
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/20922

Actions (login required)

View Item View Item