Perbandingan kreativitas siswa SMP dalam menyelesaikan masalah Matematika ditinjau dari perbedaan kepribadian tipe ekstrovert dan introvert: studi kasus di SMPN 2 Kedungadem Bojonegoro

Afsoh, Dewi Nur (2012) Perbandingan kreativitas siswa SMP dalam menyelesaikan masalah Matematika ditinjau dari perbedaan kepribadian tipe ekstrovert dan introvert: studi kasus di SMPN 2 Kedungadem Bojonegoro. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (672kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (107kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (110kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (648kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (626kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (697kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (162kB) | Preview

Abstract

K.reativitas merupakan titik pertemuan yang khas antara tiga atribut psikologi yaitu intelegensi, gaya kognitif clan kepribadian. Tipe kepribadian siswa dibedakan menjadi dua tipe ekstrovert dan introvert. Perbedaan-perbedaan tipe kepribadian antara orang yang satu dengan yang lain dapat mempengaruhi tingkat kreativitas masing-masing siswa karena setiap tipe kepribadian memiliki kecenderungan tertentu di dalam bersikap, berpikir, dan berprilaku. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab : bagaimana kreativitas siswa SMP Negeri 2 Kedungadem yang memiliki kepribadian tipe ekstrovert dan introvert dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi bilangan, aljabar dan geometri'? Untuk menjawab pertanyaan tersebut dilakukan penelitian deskriptif-kualitatif dengan mengambil subjek di kelas VIII SMP N 2 Kedungadem. Subjek diambil dari kelompok ekstrovert clan introvert berdasarkan hasil tes kepribadian dan rekomendasi dari guru. Penelitian ini dilakukan dengan memberikan lembar tugas masalah matematika kepada subjek terpilih unruk mengetahui kreativitas siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Kemudian berdasarkan analisis lembar tugas penyelesaian masalah, siswa dikelompokkan ke dalam sangat kreatif, kreatif, cukup kreatif, kurang kreatif clan tidak kreatif. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) Kreativitas siswa SMPN 2 Kedungadem kelas VIII yang memiliki kepribadian ekstrovert dan introvert nampak terlihat belum ada perbedaan dalam menyelesaik.an masalah matematika pada materi bilangan. (2) Kreativitas siswa SMPN 2 Kedungadem kelas VIII yang memiliki kepribadian ekstrovert lebih kreatif dari pada kelompok introvert dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi aljabar. (3) Kreativitas siswa SMPN 2 Kedungadem kelas VIII yang memiliki kepribadian ekstrovert lebih kreatif dari pada kelompok introvert dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi geometri.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Kusaeri, Kusaeri
Uncontrolled Keywords: Kreativitas; tipe ekstrovert; tipe introvert; kefasihan; fleksibilitas; kebaruan; masalah matematika
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 31 Oct 2017 07:00
Last Modified: 01 Nov 2018 01:40
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/20904

Actions (login required)

View Item View Item