Strategi pendekatan public relations Badan Amil Zakat Nasional Gresik dalam meningkatkan pendapatan zakat, infaq dan sodaqah

Baidowi, Hanadi Sirajuddin Munir (2017) Strategi pendekatan public relations Badan Amil Zakat Nasional Gresik dalam meningkatkan pendapatan zakat, infaq dan sodaqah. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (421kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (778kB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (325kB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (342kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (226kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (227kB) | Preview

Abstract

Suatu pengelolaan zakat yang baik membutuhkan manajemen yang professional begitu juga dalam sosialisasi. selama ini BAZNAS Kabupaten Gresik telah menunjukan potensinya dalam mengelola zakat, hal ini terbukti dengan meningkatnya muzaki setiap tahun, pada tahun 2016 target yang dicapai BAZNAS Kabupaten Gresik sebanyak 5 milyar namun hal ini masih jauh dari potensi wajib zakat yang ada di Jawa Timur yaitu sekitar 15 triliun. Namun setelah dicermati lebih dalam ternyata sebagian besar muzaki yang ada di BAZNAS Kabupaten Gresik adalah dari Pegawai Negeri Sipil, padahal visi sosialisasi zakat BAZNAS adalah untuk meningkatkan kesadaran Masyarakat. Dari persoalan tersebut terdapat tiga rumusan masalah yaitu: 1)Bagaimana kesadaran muzakki dalam mengeluarkan zakat, infaq dan sodaqah di Gresik. 2) Bagaimana strategi BAZNAS Gresik dalam meningkatkan jumlah muzakki. 3) Bagaimana efektifitas pendekatan public relations BAZNAS pada peningkatan kesadaran muzakki di Gresik. Pendekatan dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif, yaitu prosedur penelitian yang lebih menekankan pada proses dan makna suatu tindakan yang dilihat secara holistic. Sedangkan ditinjau dari sumber datanya, jenis penelitianya termasuk penelitian lapangan (field reserch) dengan menggunakan teknik observasi, studi dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian ini adalah bahwa pertama, langkah-langkah yang dilakukan BAZNAS Kabupaten Gresik dalam meningkatkan jumlah muzakki adalah melakukan pendekatan terhadap pemerintah daerah untuk mengeluarkan surat edaran dari Bupati yang berisi himbauan Infak bulanan dan zakat profesi, sosialisai Gerakan Infak Bulanan serta Gerakan Zakat Profesi melalui Surat Edaran Bupati, dengan harapan mampu menciptakan dan memberikan kepercayaan muzakki. Kedua, Strategi BAZNAS Kabupaten Gresik dalam meningkatkan jumlah muzakki antara lain menjadikan BAZNAS Kabupaten Gresik sebagai organisasi yang diperhitungkan, sebagai pusat pelayanan zakat untuk masyarakat yang populis, sebagai badan yang mampu melayani kebutuhan masyarakat duafa dan mustahiq dalam segala bidang, sebagai pusat pemberdayaan ekonomi umat, mensejahterakan masyarakat duafa di wilayah Kabupaten Gresik, dan menjadikan motivator bagi muzakki untuk menghitung besar zakatnya. Ketiga, BAZNAS Kabupaten Gresik mempunyai langkah-langkah strategis yang hingga saat ini dijalankan yaitu Public Relations. Pendekatan Public Relation ini dapat mengoptimalkan pendapatan zakat, dilakukan dengan memasang spanduk, sticker, website zakat online, media sosial, maupun dengan menjalin partnership dengan sejumlah media elektronik serta melakukan penyuluhan/audiensi. Tujuan sosialisasi ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai kewajiban zakat dan memperkenalkan program-program kegiatan.

Email:
Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Ahrori, Syaiful
Uncontrolled Keywords: Public relations; BAZNAS
Subjects: Badan Amil Zakat Infaq dan Sadaqah
Ekonomi Islam
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Baidowi Hanadi Sirajuddin Munir
Date Deposited: 31 Oct 2017 02:46
Last Modified: 31 Oct 2017 02:46
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/20890

Actions (login required)

View Item View Item