Pengembangan kecerdasan emosi siswa melalui pembelajaran aktif di SMA Khadijah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Solihah, Binti (2008) Pengembangan kecerdasan emosi siswa melalui pembelajaran aktif di SMA Khadijah Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (109kB) | Preview
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (204kB)
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (799kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (94kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (117kB)

Abstract

Kecerdasan emosi merupakan kemampuan seseorang untuk mengenaii emosi baik diri sendiri inaupun orang Iain, kemampuan untuk mengelola dan mengekspresikan emosi diri sendiri dengan tepat, kemampuan imtuk memotivasi diri sendiri, serta kemampuan untuk mengenali orang lain dan membina hubungan dengan orang Iain. Sekolah sebagai salah satu lingkungan untuk membentuk kepribadian, maka perlu mengembangkan kecerdasan emosional. Guru adalah pemegang peranan penting dalam menentukan kualitas pendidikan, oleh karena itu guru harus berupaya menggunakan strategi dan teknik pembelajaran yang tepat. Salah satu teknik yang bisa digunakan dalam pembelajaran aktif adalah diskusi kelas yaitu pembelajaran dengan dialog dan debat tentang persoalan-persoalan utama. Dengan metode diskusi siswa belajar tidak hanya menyampaikan pandangannya sendiri, tetapi juga memahami sudut pandang orang Iain yang mempakan salah satu keterampilan sosial yang penting untuk menjalin hubungan baik dengan kawan-kawannya, yaitu salah satu aspek kecerdasan emosi. Skripsi ini adalah hasil penelitian tentang pengembangan kecerdasan emosi siswa melalui pembelajaran aktif di SMA Khadijah Surabaya. Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah bagaimana pengembangan kecerdasan emosi siswa di SMA Khadijah, bagaimana pembelajaran aktif di SMA Khadijah dan bagaimana pengembangan kecerdasan emosi siswa melalui pembelajaran aktif di SMA Khadijah Surabaya. Penelitian dalam skripsi ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data diperoleh menggunakan 3 metode pengumpulan data, yaitu: interview, observasi, dan dokumentasi. Adapun yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah Wakil Kepala Sekolah bagian kurikulum, Wakil kepala sekolah bagian kesiswaan, dan guru pengajar SMA Khadijah Surabaya. Dalam hal ini adalah guru mata pelajaran Tauhid kelas XII. Dari penelitian, penulis mendapatkan hasil bahwa terdapat program-program kegiatan untuk mengembangkan kecerdasan emosi siswa di SMA Khadijah Surabaya, pelaksanaan pembelajaran aktif di SMA Khadijah menggunakan multimetode dan multimedia, serta pengembangan kecerdasan emosi siswa melalui pembelajaran aktif dilaksanakan oleh guru mata pelajaran dengan metode diskusi kelas. Dari hasil penelitian tersebut, penulis menyimpulkan bahwa kecerdasan emosi siswa dapat dikembangkan melalui pembelajaran aktif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Solihah, Binti--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan emosi; pembelajaran aktif
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 30 Oct 2017 07:50
Last Modified: 01 Nov 2018 01:41
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/20888

Actions (login required)

View Item View Item