Implementasi peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 41 Tahun 2007 tentang standar proses pada guru PAI di SMP Khadijah 2 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sayyaf, Daris Marijan (2009) Implementasi peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 41 Tahun 2007 tentang standar proses pada guru PAI di SMP Khadijah 2 Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (182kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (88kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (31kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (93kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (124kB)
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (27kB) | Preview
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (24kB)

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang implementasi Permen Diknas No. 41 tahun 2007 tentang standar proses yang merupakan salah satu dari delapan Standar Nasional Pendidikan (SNP). Standar proses ini merupakan standar minimal yang hams dipenuhi oleh suatu satuan pendidikan di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dalam kaitannya dengan pengeloalaan pembelajaran. Standar proses ini mencakup komponen perencanaan proses pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran, penilaian hasil pembelajaran, serta pengawasan proses pembelajaran Keempat komponen tersebut merupakan rumusan masalah yang penulis angkat dalam penelitian ini, artinya penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui ketercapaian implementasi standar proses No. 41 di SMP Khadijah 2 Surabaya, khususnya pada guru PAI. Ada dua pendekatan yang penulis gunakan untuk menjawab rumusan masalah di atas yaitu pendekatan teoritis dan empiris. Pendekatan teoritis yang dimaksud adalah untuk mengetahui konsep perencanaan proses pembelajaran, konsep pelaksanaan proses pembelajaran, konsep penilaian hasil pembelajaran, serta konsep pengawasan proses pembelajaran dari Permen Diknas tersebut yang ditimjang dan didefinisikan dari buku-buku terkait. Sedangkan pendekatan empiris adalah untuk mengetahui konsep perencanaan proses pembelajaran, konsep pelaksanaan proses pembelajaran, konsep penilaian hasil pembelajaran, serta konsep pengawasan proses pembelajaran di SMP Khadijah 2 Surabaya dengan menggunakan metode interview, observasi, dan dokumenter. Penelitian pada skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif model Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Kemudian penulis melakukan penilaian dengan menggunakan format penilaian observasi chek list atau skala prosentase. Penilaian tersebut penulis lakukan mengingat banyaknya objek yang diteliti yakni sebanyak lima orang guru PAI. Setelah dilakukan penelitian di SMP Khadijah 2 Surabaya, maka dapat disimpulkan bahwa SMP Khadijah 2 Surabaya dalam hal ini guru-guru PAI sangat baik dalam mengimplementasikan Permen Diknas No. 41 tahun 2007 ini mulai dari konsep perencanaan proses pembelajaran, konsep pelaksanaan proses pembelajaran, konsep penilaian hasil pembelajaran, hingga konsep pengawasan proses pembelajaran (dilakukan oleh Kepata Sekolah), hal tersebut dapat dilihat dari tingginya prosentase Permen Diknas No. 41 tentang standar proses ini yang telah diimplementasikan di SMP Khadijah 2 Surabaya

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sayyaf, Daris MarijanUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Profesionalisme Guru
Indeks
Uncontrolled Keywords: Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 41 tahun 2007; standar proses guru PAI
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 30 Oct 2017 04:13
Last Modified: 30 Oct 2017 04:22
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/20876

Actions (login required)

View Item View Item