Pengaruh Total Quality Management (TQM) dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMA Darul ’Ulum I Unggulan BPPT Rejoso Peterongan Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Herliyanto, Herliyanto (2009) Pengaruh Total Quality Management (TQM) dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMA Darul ’Ulum I Unggulan BPPT Rejoso Peterongan Jombang. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (420kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (147kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (342kB)
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (303kB) | Preview
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (231kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (451kB)

Abstract

Usaha peningkatan mutu pendidikan melalui pendekatan pemberdayaan sekolah dalam mengelola institusinya, Depdiknas telah lama melakukannya. Dalam era otonomi daerah yang secara implisit dinyatakan dalam Undang-Undang Nomor 22 tahun 1999, dan diberlakukan secara efektif mulai tanggal 1 januari 2001, muncul pemberdayaan sekolah melalui Manajemen Berbasis Sekolah (School Based Management) disingkat MBS. Dengan adanya otonomi daerah tersebut sekolah lebih bebas dalam melakukan pengembangan melalui inisiatif, kreatifitas, inovatif dan selanjutnya kompetitif atau mampu bersaing dengan sekolah-sekolah lain yang secara khusus untuk meningkatkan mutu sekolah tersebut dan secara umum untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional. Dalam meningkatkan mutu pendidikan SMA Darul Ulum I Unggulan-BPPT Jombang menerapkan TQM, yaitu salah satu model manajemen yang fokus kepada orang yang bertujuan untuk meningkatkan secara berkelanjutan kepuasan pelanggan pada biaya sesungguhnya yang secara berkelanjutan terus menurun. Dan TQM merupakan salah satu alternatif yang harus diterapkan dalam lembaga pendidikan. Dengan manajemen tersebut diharapkan efektivitas sekolah akan dapat terwujud secara sempurna. Penelitian dalam Skripsi ini dilakukan untuk mengkaji Pengaruh TQM dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMA Darul Ulum I Unggulan-BPPT Jombang dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan dan prestasi di lembaganya. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Dan pengumpulan datanya dilakukan dengan metode interview, observasi dan angket. Analisis yang digunakan adalah analisis data statistik kuantitatif dengan menggunakan rumus product moment. Dari hasil analisis dibuktikan bahwa TQM yang dilaksanakan di SMA Darul Ulum I Unggulan-BPPT Jombang tergolong baik, artinya berjalan dengan baik. Dan Prestasi belajar di SMA Darul Ulum I Unggulan-BPPT Jombang meningkat dengan bukti meningkatnya lulusan dan beberapa kejuaraan sesuai dengan hasil penelitian dan tergolong kategori lebih dari cukup. Sedangakn pengaruh TQM dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMA Darul Ulum I Unggulan-BPPT Jombang memiliki pengaruh yang sangat kuat dan sangat tinggi dengan nilai interpretasi product moment 1,03. Salah satu saran kami terhadap sekolah adalah agar semua guru lebih kreatif lagi dalam menggunakan dan memanfaatkan TQM dalam rangka mengembangkan sekolah sehingga anak didik bertambah semangat untuk meraih prestasi setinggi-tingginya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Herliyanto, Herliyanto--UNSPECIFIED
Subjects: Manajemen Strategi
Pendidikan > Prestasi Belajar
Keywords: Total Quality Management; prestasi belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 27 Oct 2017 06:15
Last Modified: 01 Nov 2018 01:43
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/20868

Actions (login required)

View Item View Item