Strategi Kepala Sekolah dalam meningkatkan kualitas Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Menengah Pertama Islam al-Azhar Kelapa Gading-Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kholili, Abdullah Mahrus (2009) Strategi Kepala Sekolah dalam meningkatkan kualitas Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Menengah Pertama Islam al-Azhar Kelapa Gading-Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (607kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (721kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (432kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (153kB) | Preview

Abstract

Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam adalah cara atau langkah yang ditempuh kepala sekolah untuk meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam dalam lembaga pendidikan yang dipimpinnya Pada penelitian ini, peneliti mencari jawaban dari rumusan masalah sebagai berikut: 1. Bagaimana kualitas Pendidikan Agama Islam di SMP Islam al-Azhar Kelapa Gading -Surabaya? 2. Bagaimana strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas Pendidikan Agama Islam di SMP Islam al-Azhar Kelapa Gading-Surabaya? 3. Bagaimana keberhasilan strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas Pendidikan Agama Islam di SMP Islam al-Azhar Kelapa Gading-Surabaya? Adapun tujuan dari penulisan skripsi ini adalah Untuk mengetahui kualitas Pendidikan Agama Islam di SMP Islam al-Azhar Kelapa Gading-Surabaya, untuk mengetahui strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan Agama Islam di SMP Islam al-Azhar Kelapa Gading-Surabaya, dan untuk mengetahui tingkat keberhasilan kepala sekolah dalam menerapkan strateginya di SMP Islam al­ Azhar Kelapa Gading-Surabaya. Berkenaan dengan hal ini maka jenis pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif, dengan tujuan untuk memperoleh data mengenai strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan agama islam (PAI) di Sekolah Menengah Pertama Islam al-Azhar Kelapa Gading-Surabaya. Sedangkan dalam mengumpulkan data­ datanya, penulis menggunakan 4 instrumen pengumpulan data yaitu Observasi, interview, dan dokumentasi, dan setelah data terkumpul penulis menganalisa data­ data tersebut, dengan menggunakan tekhnik analisa data deskriptif kualitatif. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kualitas pendidikan Agama Islam di SMP Islam al-Azhar Kelapa Gading Surabaya masih mempunyai beberapa kelemahan dalam hal siswa putri tidak semuanya pakai jilbab, siswa masih belum bisa membaca al-Qur'an dengan baik dan benar dan akhlak siswa terhadap para guru dan pelaksanaan kurikulum kurang konsisten dan efektif. Sedangkan strategi kepala sekolah SMP Islam al-Azhar dalam meningkatkan kualitas Pendidikan Agama Islam yaitu dengan membuat strategi peningkatan profesionalisme guru, pengembangan ibadah dan pembinaan akhlak. Adapun Keberhasilan strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas Pendidikan Agama Islam dapat dilihat guru lebih disiplin dalam mengajar dan mampu menerapkan metode mengajar, siswa yang memakai jilbab meningkat, siswa bisa membaca al-Qur'an dengan baik dan benar, siswa lebih sopan dan hormat kepada para guru.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kholili, Abdullah MahrusUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Kepala Sekolah
Pendidikan Islam
Uncontrolled Keywords: Strategi kepala sekolah; kualitas pendidikan agama Islam; sekolah menengah pertama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 27 Oct 2017 03:40
Last Modified: 27 Oct 2017 03:40
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/20863

Actions (login required)

View Item View Item