Peran manajemen hubungan masyarakat dalam meningkatkan partisipasi masyarakat sekitar sekolah di SMP Negeri 12 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mujib, M. (2009) Peran manajemen hubungan masyarakat dalam meningkatkan partisipasi masyarakat sekitar sekolah di SMP Negeri 12 Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (589kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (147kB) | Preview
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (102kB) | Preview

Abstract

Manajemen humas merupakan bagian integral dalam suatu organisasi. Manajemen humas bukan sekedar institusi komplementer yang berfungsi semacam parfum untuk membuat harum ruangan atau semacam lipstick agar kelihatan lebih cantik. Tugas humas bukan sekedar menciptakan citra "seolah-olah" (kelihatan kuat, sehat, baik, clan sebagainya). Akan tetapi tugas humas j ustru berusaha untuk menciptakan agar sebuah organisasi tersebut menjadi kondusif, sungguh-sungguh sehat iklim kerjanya, kuat hubungan sosialnya, tinggi kinerja sumber daya manusianya. Penelitian dalam skripsi ini dilakukan untuk menggali dan menggambarkan "Peran Manajemen Hubungan Masyarakat Dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Sekitar Sekolah di SMP Negeri 12 Surabaya. Dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen humas di SMP Negeri 12 Surabaya, Bagaimana partisipasi masyarakat sekitar di SMP Negeri 12 Surabaya clan Bagaimana Peran manajemen humas dalam meningkatkan partisipasi masyarakat sekitar di SMP Negeri 12 Surabaya. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatakan kualitatif, dan metode pengumpulan datanya menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Kemudian data tersebut dianalisa dengan tiga tahap yaitu Verifikasi data, Display data clan Reduksi data. Dari basil penelitian ini menunjukkan bahwa hubungan sekolah dengan masyarat internal yang efektif memberikan konstribusi terhadap kelancaran hubungan sekolah dengan masyarakat eksternal. Melalui kebebasan berkomunikasi dilingkungan internal sekolah, semua warga sekolah mempunyai kesempatan yang sama untuk berkreasi dan mengeluarkan pendapat. Dengan demikian, lahirlah sejumlah kegiatan hubungan sekolah dengan masyarakat untuk menggalang partisipasi masyarakat. Manajemen Humas dimulai dengan perencanaan partisipasif dan pengorganisasian dalam bentuk panitia pelaksana dengan melibatkan semua unsur sekolah yang terkait. Proses selanjutnya adalah pengaktifan dalam bentuk komunikasi dan pelaksana kegiatan. Komunikasi yang paling akrab dilakukan sekolah dengan komite sekolah yang bertujuan menyerap aspirasi ide, dan kebutuhan masyarakat. Proses terakhir manajemen humas adalah pengendalian yang dilakukan terhadap proses kegiatan dan basil kegiatan humas. Partisipasi masyarakat di SMPN 12 Surabaya di fasilitasi dan digalang oleh komite sekolah. Partisipasi masyarakat dalam bentuk pengambilan keputusan, pelaksanaan program, pengambilan manfaat, dan evaluasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mujib, M.UNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Hubungan Masyarakat
Manajemen
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Uncontrolled Keywords: Manajemen; hubungan masyarakat; sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 26 Oct 2017 03:24
Last Modified: 26 Oct 2017 03:24
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/20851

Actions (login required)

View Item View Item