Perubahan pola mata pencaharian dan pengembangan masyarakat di Desa Pacentan Kecamatan Tanah Merah Kabupaten Bangkalan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zuhro, Fatimatus (2009) Perubahan pola mata pencaharian dan pengembangan masyarakat di Desa Pacentan Kecamatan Tanah Merah Kabupaten Bangkalan. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (89kB)
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (327kB) | Preview

Abstract

Masalah yang diteliti dalam hal ini adalah : (1) bagaimana perubahan pola mata pencaharian dan pengembangan masyarakat di Desa Pacentan, Kecamatan Tanah Merah, Kabupaten Bangkalan. (2) apa saja yang menjadi faktor pendukung dan penghambat perubahan pola mata pencaharian dan pengembangan masyarakat di Desa Pacentan, Kecamatan Tanah Merah, Kabupaten Bangkalan. (3) bagaimana relevansi perubahan pola mata pencaharian dan pengembangan masyarakat dengan dakwah pemberdayaan masyarakat. Dalam menjawab permasalahan tersebut, peneliti ini menggunakan penelitian sosial melalui pendekatan kualitatif deskriptif. Perubahan sosial yang dilakukan masyarakat Pacentan adalah dari pertanian menjadi peternak sapi melalui kelompok sapi yang mendukung dan mengajari masyarakat dan membantu pemnjaman modal untuk mengembangkan perekonomian masyarakat. Dengan melakukan kegiatan jual-beli peternakan sapi manfaat besar sekali, dari segi ekonomi bagi mereka sangat membantu sekali, bisa dijadikan pendapatan untuk menutupi kebutuhan sehari-hari dan juga bisa dijadikan modal keluarga. Dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dalam meningkatkan keswadayaan masyarakat melalui peternakan sapi untuk mensejahterakan hidup mereka. kegiatan merubah pola pikir dan menumbuhkan kesadaran masyarakat. Dilakukan oleh pihak kelompok peternak sapi melalui pengorganisasian masyarakat, yakni melalui keompok peternak sapi, melakukan proses pendampingan, pembinaan dan pelatihan. Faktor yang mendukung perubahan pola mata pencaharian dan pengembangan masyarakat Pacentan diantaranya: ketersediaannya lahan, SDM yang mendukung, kebijakan pemerintah dan tersedianya jalan yang cukup baik, adanya pasar, kebijakan pemerintah pusat dan harga jual, adanya pinjaman modal dari kelompok. Adapun faktor penghambatnya adalah: adanya pasar, kebijakan pemerintah pusat dan harga jual: kendala yang bersifat dari kepribadian individu, kekurangan modal dalam mengembangkan peternakan sapi. Adapun relevansi dengan dakwah pengembangan masyarakat Islam adalah untuk mewujudkan masyarakat yang mandiri dan meningkatkan kehidupan ekonomi yang lebih sejahtera serta dapat mencapai tujuan hidup yang diridhoi Allah SWT. Karena dalam memberdayakan masyarakat diperlukan juga sibghoh yang bertujuan untuk memotivasi agar mereka lebih bersabar dalam menerima cobaan Allah SWT.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zuhro, Fatimatus--UNSPECIFIED
Subjects: Masyarakat
Penghasilan Daerah
Uncontrolled Keywords: Perubahan ekonomi; pengembangan masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 25 Oct 2017 06:21
Last Modified: 01 Nov 2018 01:46
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/20833

Actions (login required)

View Item View Item