Mitigasi bencana air tambak drop melalui partisipasi kelompok petani tambak ikan di Desa Wadak Lor Kecamatan Duduksampeyan Kabupaten Gresik

Fithriyah, Asyrifatul (2017) Mitigasi bencana air tambak drop melalui partisipasi kelompok petani tambak ikan di Desa Wadak Lor Kecamatan Duduksampeyan Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (832kB)
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (448kB) | Preview
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (666kB)
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (839kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (554kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (969kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (696kB) | Preview
[img] Text
Bab 7.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 8.pdf

Download (559kB)
[img]
Preview
Text
Bab 9.pdf

Download (364kB) | Preview
[img] Text
Datar Pustaka.pdf

Download (428kB)

Abstract

Secara umum masyarakat mengartikan musibah atau bencana sebagai suatu kejadian yang menimpa manusia dan tidak dikehendaki datangnya. Seperti rasa sakit, bencana alam, non alam, maupun sosial, yang mana semua menjurus pada satu tujuan yaitu keburukan. Skripsi ini membahas tetang upaya pendampingan masyarakat khususnya para petani tambak dalam menghadapi bahaya air tambak drop, agar mau berpartisipasi dalam melakukan mitigasi guna mengurangi resiko yang terjadi melalui pengetahuan-pengetahuan dan sumber daya manusia yang ada di Desa Wadak Lor, Kecamatan Duduksampeyan, Kabupaten Gresik. Dalam proses pendampingan ini peneliti menggunakan metode penelitian sosial Participatory Action Research (PAR). PAR ini terdiri dari tiga aspek yang mana ketigannya berhubungan antara satu dan yang lainnya, yakni: partisipasi, riset, dan aksi. Metode penelitian sosial ini lebih menekankan pada proses penyadaran masyarakat khususnya para petani tambak untuk melakukan suatu perubahan yang lebih baik. Peneliti bersama para petani tambak berproses untuk lebih menyadari bahwasannya masalah air tambak drop ini bukan semata-mata karena kehendak atau takdir Allah SWT. Melainkan itu semua juga ulah manusia dan masalah ini pasti ada solusinnya. Sehingga dalam proses pendampingan ini peneliti mengajak para petani agar lebih peduli serta mau berpartispasi unutuk mengurangi resiko yang disebabkan air tambak drop ini. Karena, dengan melakukan mitigasi bersama para stakeholder yang ada dan bebrapa petani tambak. Hal ini diharapkan para petani bisa mengetahui dan sadar bahwasannya masalah ini bisa di atasi dan bisa mengurangi resiko kerugian yang terjadi sebelumnya.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Haris, Achmad Murtafi
Uncontrolled Keywords: Pendampingan Mitigasi; bencana air Tambak Drop
Subjects: Pertanian
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Fithriyah Asyrifatul
Date Deposited: 25 Oct 2017 03:53
Last Modified: 25 Oct 2017 03:53
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/20823

Actions (login required)

View Item View Item