Pengembangan sumber daya pengurus Lembaga Amil Zakat dalam meningkatkan layanan jasa Zakat Infaq Sodaqoh dan Wakaf (ZISWAF): studi pada Lembaga Amil Zakat Dompet Amanah Umat Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Niasari, Refi Fip (2017) Pengembangan sumber daya pengurus Lembaga Amil Zakat dalam meningkatkan layanan jasa Zakat Infaq Sodaqoh dan Wakaf (ZISWAF): studi pada Lembaga Amil Zakat Dompet Amanah Umat Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (571kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (261kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (324kB)
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (506kB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (558kB)
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (572kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (368kB) | Preview
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (342kB)

Abstract

Persaingan antar lembaga non profit yang bergerak di bidang Zakat, Infaq, Sodaqoh dan Wakaf menjadikan pemilik lembaga harus dapat memiliki fokus tersendiri dalam pengelolaan dan penyaluran. Pengembangan SDM yang dilakukan oleh lembaga sosial dakwah sebagai langkah dan cara untuk meningkatkan kualitas dalam memenuhi kebutuhan masyarakat. Pengembangan SDM tidak hanya secara umum seperti ilmu pengetahuan dan edukasi zakat tetapi pengembangan juga harus diikuti dengan peningkatan mutu spiritual SDM yang berada di lembaga sosial dakwah. Hal ini menjadi keunikan bagi peneliti untuk meneliti bagaimana pengembangan sumber daya pengurus yang ada di Lembaga Amil Zakat. Terdapat beberapa hal yang menjadi fokus penelitian ini yaitu :1) Pengembangan SDM, 2) Pola/Bentuk Pengembangan SDM, 3) Proses Pengembangan SDM, 4) Metode Pengembangan SDM. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan grounded theory. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan dokumentasi, wawancara dan observasi partisipan. Dalam teknik validitas, peneliti menggunakan triangulasi. Pada teknik analisis data, peneliti menggunakan reduksi data yaitu adanya coding dan kategorisasi, kemudian penarikan kesimpulan dari data yang telah dianalisa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan SDM di LAZDAU menggunakan dua metode yaitu metode on the job training dan off the job training. Pengembangan SDM yang dilakukan DAU lebih kepada menggunakan cara melalui pelatihan dengan mengikuti workshop ataupun seminar. Beberapa tahapan dalam proses pengembangan yang dilakukan diantaranya adanya analisa kebutuhan, perancangan pelatihan dan evaluasi. Pola/macam pengembangan yang diterapkan di DAU yaitu adanya pengembangan secara pengetahuan umum dan pengembangan spiritual SDM. Pengembangan SDM di lembaga ini sebagai bentuk dari peningkatan kualitas kompetensi SDMnya. Untuk itu, perlu adanya program yang sesuai dengan analisa kebutuhan kelembagaan. Pengembangan ini dikontrol oleh pelaksana program langsung, yaitu HRD DAU.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Niasari, Refi Fiprefifipnia@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen Dakwah
Zakat
Uncontrolled Keywords: Pengembangan SDM; proses pengembangan; macam pengembangan; metode pengembangan SDM
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Niasari Refi Fip
Date Deposited: 24 Oct 2017 06:59
Last Modified: 24 Oct 2017 06:59
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/20786

Actions (login required)

View Item View Item