Analisis hukum Islam terhadap pemberian upah atas jasa pemeliharaan sapi: studi kasus di Dusun Sambi Kerep Kecamatan Balen Kabupaten Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Umroh, Hidayatul (2012) Analisis hukum Islam terhadap pemberian upah atas jasa pemeliharaan sapi: studi kasus di Dusun Sambi Kerep Kecamatan Balen Kabupaten Bojonegoro. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (198kB)
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (582kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (117kB) | Preview
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (183kB)

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian (field research) tentang "analisis bukum Islam terbadap pemberian upah atas jasa pemeliharaan sapi (studi kasus di dusun Sambi Kerep kecamatan balen kabupaten bojonegoro)". Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan bagaimana ketentuan pemberian upah atas jasa pemeliharaan sapi dan bagaimana analisis hukum islam terhadap pemberian upah atasjasa pemeliharaan sapi di Dusun Sambi Kerep Kecamtan Balen Kabupaten Bojonegoro? Dalam penelitian ini teknik yang digunakan adalah deskriptif analisis yakni menggambarkan kemudian di analisis dengan menggunakan pola pikir induktif yaitu mengkoreksi data ynag bersifat khusus kemudian ditarik kesimpulan umum. Hasil penelitian yang ditemukan bahwa pertama: sistem pengupahan pemelihara sapi di dusun Sambi Kerep kecamatan Balen kabupaten Bojonegoro menggunakan sistem bagi basil dari basil keuntungan penjualan sapi dan pembayaran upah pemelihara tersebut akan dibayarkan ketika sapi peliharaannya laku terjual. Sedangkan waktu pemeliharaanya tidak dijelaskan di awal akad. Namun bal ini sudah menjadi kebiasaan warga masyarakat di dusun Sambi Kerep dan bal tersebut juga telah disepakati oleb kedua belah pihak pada awal akad. Kedua:ketika penjualan sapi tersebut mendapatkan keuntungan maka pemelihara akan mendapatkan upahnya, namun ketika hasil penjualan sapi tersebut rugi maka pemelihara akan mendapatkan uang lelah atau pemberian yang besarnya ditentukan oleh pihak pemilik sapi apakah diberi banyak atau sedikit. Dengan demikian hasil penelitian menyimpulkan bahwa ketentuan pemberian upah pemelihara sapi di dusun Sambi kerep sudah sesuai dengan ketentuan hukum islam yakni pengupahan dilakukan kepada pemelihara sapi yang telah melaksanakan pekerjaannya, pengupahan tersebut telah ditentukan sebelumnya, dan praktek pengupahan tersebut adalah termasuk dalam kategori bermuamalah dalam bah ijarah yang di dalam Islam hukumnya adalah mubah (dibolehkan), namun dari segi besarnya upah yang dalam bentuk bagi basil dari hasil keuntungan penjualan sapi terkadang kurang memperhatikan keadilan bagi kesejahteraan pemelihara. Sejalan dengan kesimpulan di atas, maka kepada para pemilik sapi agar dalam melakukan pengupahan kepada pekerjanya memperhatikan hak-hak dari pekerja, khususnya kepada pemelihara sapi dan supaya upah yang dibayarkan kepada pemelihara sapi telah memenuhi kelayakan sebingga kesejahteraan pemelihara terpenuhi dan seharusnya perjanjiannya dalam awal akad di tegaskan lagi tentang waktu pemeliharaan sapi sehingga tidak ada yang di dzalimi dalam perjanjian tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Umroh, HidayatulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Upah Minimum
Peternakan > Ternak Sapi
Uncontrolled Keywords: Hukum Islam; pemberian upah; pemeliharaan sapi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Arsip Syariah
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 24 Oct 2017 04:26
Last Modified: 24 Oct 2017 04:26
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/20784

Actions (login required)

View Item View Item