Analisis hukum Islam terhadap sewa menyewa tanah bengkok di Desa Tlogoagung Kecamatan Baureno Kabupaten Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Heriansyah, Heriansyah (2012) Analisis hukum Islam terhadap sewa menyewa tanah bengkok di Desa Tlogoagung Kecamatan Baureno Kabupaten Bojonegoro. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (202kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (123kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (331kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (998kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (734kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (132kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini adalah basil penelitian tentang "Analisis Hukwn Islam Terhadap Sewa Menyewa Tanah Bengkok di Desa Tlogoagung Kee. Baureno Kab. Bojonegoro". Penelitian ini dilakukan unt uk menjawab dua pertanyaan yaitu: I. Bagaimana Praktik Sewa Menyewa Tanah Bengkok di Desa Tlogoagung, Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro?; 2. Bagaimana Analisis Hukum Islam Terhadap Sewa Menyewa Tanah Bengkok di Desa Tlogoagung, Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro? Data yang diperlukan dalam penelitian ini dikwnpulkan dengan teknik observasi, interview, dan dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif analitis dengan menggunakan pendekatan pola pikir deduktif unt uk memperoleh kesimpulan yang khusus. Hasil penulisan ini ditemukan, bahwasanya sctiap kepala desa berhak mendapat kan tanah bengkok unt uk dikelola selama menjabat sebagai ganti dari gaji. Mengingat sibuknya kepala desa maka tidak punya cukup waktu unt uk mengelola lahan tanah bengkok secara maksimal. Timbul inisiatif agar tanah bengkok tersebut disewakan kepada masyarakat. Tanah bengkok desewakan maksimal dengan jangka wakt u 3 tahun dengan harga perhektar 4 juta pertahun. Sewa menyewa tanah bengkok di Desa Tlogoagung sudah berlangsung lama. Suatu saat timbul peristiwa yang belum pernah terjadi sebelumnya yait u meninggalnya salah satu pihak dalam hal ini adalah kepala dcsa atau yang menyewakan t anah di tengah jangka wakt u sewa menyewa tersebut, sert a kepala desa yang baru sudah terpilih. Dari peristiwa ini timbul polemik di antara ahli waris kepala desa lama dengan kepala desa yang barn terpilih. Dikarenakan kepala desa yang baru merasa berhak atas tanah bcngkok yang masih dikuasai oleh ahli waris kepala desa yang lama. Akhirnya seluruh perangkat desa dan tokoh agama Desa Tlogoagung berkumpul unt uk mencari jalan keluar yang terbaik. Pada akhirnya pihak kepala desa yang baru memberi ijin berdasarkan kesepakatan yang diambil dari basil musyawarah desa kepada ahli waris kepala desa lama unt uk melanjut kan sisa jangka wakt u sewa menyewa tersebut. Pelaksanaan sewa menyewa tanah bengkok di Desa Tlogoagung Kecamat an Baureno Kabupaten Bojonegoro sebelum ada peristiwa meninggalnya kepala desa yang kemudian dilanjut kan oleh ahli warisnya sebagai pihak yang menyewakan berjalan sesuai dengan hukwn Islam baik dari segi subjek dan objek sampai proses akadnya. Pelaksanaan sewa menycwa tanah bengkok yang dilanjut kan pihak ahli waris kepala desa yang meninggal tersebut tidak sesuai dengan hukum Islam dikarenakan sudah tidak mempunyai hak seiring dengan terpilihnya kepala desa yang barn, sewa menyewa tanah bengkok kembali sah menurut hukwn Islam dikarenakan pihak yang • menyewakan sudah memenuhi syarat sewa menyewa yakni barang harus dimiliki oleh 'oqid atau ia memiliki kekuasaan penuh unt uk akad, sert a keluarnya pemberian ijin kepala desa yang baru unt uk melanjut kan sisa jangka wakt u sewa menyewa tanah bengkok tersebut kepada ahli waris kepala desa yang lama.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Heriansyah, HeriansyahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Sewa
Keywords: Hukum Islam; sewa menyewa tanah bengkok
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Arsip Syariah
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 23 Oct 2017 04:40
Last Modified: 23 Oct 2017 04:40
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/20757

Actions (login required)

View Item View Item