Eksistensi Hijab Wanita Menurut Murtadha Muthahhari

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alif, Naila Rahmatika (2012) Eksistensi Hijab Wanita Menurut Murtadha Muthahhari. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (593kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (98kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (108kB) | Preview
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (196kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang pertama, bagaimana hijab dalam pandangan Islam. Kedua, bagaimana eksistensi hijab wanita menurut Murtadha Muthahhari. Data penelitian ini dihimpun melalui pembacaan dan kajian teks (teks reading) yang selanjutnya dianalisis dengan metode diskriptif analisis. Hijab menurut istilah berarti sekat yang menjadi penghalang wanita agar tidak tampak (terlihat) oleh laki-laki. Hijab yang dimaksud adalah kain penghalang, penutup. Pada era sekarang hijab disebut juga sebagai jilbab yaitu busana wanita muslim. Islam memandang eksistensi hijab sangat identik dengan makna jilbab yang mempunyai makna pakaian gamis atau pakaian yang lebar. Namun dalam ilmu Islam hijab tidak terbatas pada jilbab saja tetapi juga pada penampilan dan perilaku manusia setiap harinya. Pandanagn hijab menurut Murtadha Muthahhari adalah peraturan mengenai berbusana dalam masyarakat muslim. Esensi hijab adalah sebagai batasan yang ditentukan oleh Allah untuk menjaga kehonnatan wanita muslim tanpa hams menghalangi aktivitas mereka untuk menempuh pendidikan atau aktivitas-aktivitas lainnya. Eksistensi hijab wanita dalam pemikiran Murtadha Muthahhari tercakup dalam beberapa hal. Diantaranya aspek pribadi, keluarga, sosial clan mengangkat kedudukan wanita serta menghindarkan dari perilaku murahan Sejalan dengan pembahasan diatas, bahwasannya pemikiran Murtadha Muthahhari mengenai eksistensi hijab wanita, dapat menjembatani perbedaan pendapat para ulama. Sesungguhnya hijab bagi .wanita bukanla suatu yang melumpuhkan kegiatan sosial, pendidikan maupun ekonomi mereka. Karena dalam Islam hijab bertujuan untuk menjaga kehonnatan wanita. Dengan memahami eksistensi hijab bagi wanita secara menyeluruh dari beberapa pemikiran ulama' muslim, maka akan menambah wacana kita dalam mengambil sebuah kesimpulan. Serta kita tidak akan melihat hijab sebagai sebuah masalah, melainkan apa yang mendasari peranan hijab itu sendiri bagi masyarakat pada umumnya dan lebih khususnya bagi kehonnatan wanita.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alif, Naila RahmatikaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Aqidah
Aqidah
Wajib Belajar > Aqidah

Biografi > Biografi Islam
Wanita
Uncontrolled Keywords: Hijab wanita; Murtadha Muthahhari
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 20 Oct 2017 09:01
Last Modified: 20 Oct 2017 09:01
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/20734

Actions (login required)

View Item View Item