Partisipasi civil society dalam pemilihan kepala daerah calon tunggal di Kabupaten Blitar 2015

Amirudin, Muhammad Wildan (2017) Partisipasi civil society dalam pemilihan kepala daerah calon tunggal di Kabupaten Blitar 2015. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (705kB) | Preview
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (498kB)
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (453kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (477kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (467kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (447kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul partisipasi civil society pada pemilihan kepala daerah calon tunggal di Kabupaten Blitar 2015. Fokus penelitian ini adalah mengenai partisipasi civil society melalui kelompok masyarakat dalam pemilihan kepala daerah. Penggunaan konsep civil society dalam penelitian ini difokuskan kepada kelompok yang pro pilkada calon tunggal dan kelompok yang menolak pilkada calon tunggal.
Jenis penelitian ini merupakan sebuah penelitian lapangan. Metode penelitan yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Sehingga dalam penulisan dapat lebih obyektif dan sistematis. Untuk teknik pengumpulan data berdasarkan sumber primer dan sumber skunder yang diperoleh dari wawancara, observasi dan dokumentasi sehingga data yang diperoleh dalam penelitian ini bisa menjadi valid.
Hasil penelitian menunjukan bahwa, (1) Partisipasi civil society pada pilkada Kabupaten Blitar 2015, dilakukan oleh berbagai organisasi yang dapat ditunjukkan oleh adanya pilar-pilar civil society seperti Lembaga Swadaya Masyarakat, Ormas dan Pers. Bentuk dari partisipasi civil society dalam pilkada calon tunggal memang sangat vital, dengan memembuat agenda-agenda yang bertujuan untuk mensukseskan pilkada di Kabupaten Blitar. Disisi lain juga terdapat kelompok yang melakukan tekanan sebagai bentuk kritikan kepada elit politik terkait pilkada dengan calon tunggal, (2) Bentuk-bentuk dari partisipasi civil society pada pilkada 2015, untuk kelompok yang pro pilkada calon tunggal, di satu sisi mempunyai satu kesamaan, yakni pengadaan kegiatan pendidikan politik bagi masyarakat. Sedangkan untuk yang kontra mereka melakukan penyampaian aspirasi KPU, dan meminta DPRD untuk membuat petisi berisi penolakan dengan mekanisme pemilihan calon tunggal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Fakhruddin, M. Anas
Uncontrolled Keywords: Partisipasi POlitik; Civil society; Calon tunggal
Subjects: Pemilihan Umum
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Politik Islam
Depositing User: Amirudin Muhammad Wildan
Date Deposited: 20 Oct 2017 08:31
Last Modified: 20 Oct 2017 08:31
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/20721

Actions (login required)

View Item View Item