مشكلات تعليم الترجمة الشفهية من اللغة العربية إلى اللغة الاندونيسية و محاولتها

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hanifah, Umi (2010) مشكلات تعليم الترجمة الشفهية من اللغة العربية إلى اللغة الاندونيسية و محاولتها. Dinamika, 3 (02). pp. 85-108. ISSN 1976*7664

[img]
Preview
Text
مشكلات تعليم الترجمة الشفهية من اللغة العربية إلى اللغة الاندونيسية و محاولتها.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Problematika utama dalam proses penerjemahan adalah upaya mendapatkan kata-kata yang sama dan pas dalam dua bahasa. Tujuan terpenting yang mendorong penulis dalam menulis tema ini adalah: pentingnya pembelajaran terjemah lisan Arab-Indonesia di era globalisasi, peranan dan penggunaan bahasa Arab sebagai media komunikasi dan informasi, juga pengalaman penulis sebagai pengajar mata kuliah terjemah lisan. Problematika yang ada, yaitu dari penerjemah (mahasiswa) dan dari segi bahasa itu sendiri. Dari segi penerjemah diantaranya adalah minimnya penguasaan kosa kata, padahal seorang penerjemah yang baik haruslah menguasai banyak kosa kata dari bahasa yang akan diterjemahkan, yakni bahasa Arab. Sedangkan dari segi bahasa itu sendiri, yaitu perbedaan bentuk kalimat yang meliputi perbedaan penggunaan ungkapan, perbedaan klasifikasi kosa kata yang disebabkan adanya perbedaan tradisi serta budaya sosial dua bahasa. Adapun solusi yang ditawarkan penulis adalah hendaknya para penerjemah terutama mahasiswa jurusan bahasa Arab mengenal tata bentuk kata dan makna ungkapan serta memahami perbedaan-perbedaan yang ada di antara dua bahasa itu, mengingat adanya perbedaan tradisi budaya dan sosial dua bangsa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Article
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hanifah, Umiumihanifah78@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran terjemah; bahasa Arab
Divisions: Karya Ilmiah > Artikel Jurnal
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 20 Oct 2017 02:54
Last Modified: 27 Oct 2017 04:13
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/20714

Actions (login required)

View Item View Item