Konsep fitrah keagamaan dalam al Quran surat Ar Rum Ayat 30

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitria, Dovilisano (2011) Konsep fitrah keagamaan dalam al Quran surat Ar Rum Ayat 30. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (680kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (164kB) | Preview
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (278kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (228kB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (229kB)
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (256kB) | Preview
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (236kB)

Abstract

Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana penafsiran QS. ar-Rum ayat 30, 2) Bagaimana konsep fitrah dalam ar-Rum ayat 30, 3) Bagaimana faktor penyebab manusia keluar dari fitrah.? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep fitrah dalam surat ar-Rum ayat 30 dan faktor apa saja yng menjadi penyabab manusia keluar dari fitrahnya menurut para mufasir dan para sarjana Muslim sehingga fitrah keagaman itu dapat diketahui secara proporsional. Dalam menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini bersifat kepustakaan (library research) dan metode Tahlili (analitis) yaitu menggambarkan atau menjelaskan penafsiran-penafsiran para mufasir yang berkaitan dengan konsep fitrah keagamaan dari seluruh aspek yang terkandung di dalam ayat-ayat al-Quran, kemudian dikuatkan dengan penafsiran ahli tafsir yang lain. Penelitian ini dilakukan karena banyak yang memahami bahwa manusia sebagai makhluk, banyak keluar dari fitrah yang semestinya ia pegang, padahal Allah telah menanamkan fitrah yang lurus dalam dirinya sejak awal mula ia diciptakan. Bekal ini, sewajamya mampu menjadi penuntun dan pembimbing manusia untuk dapat pemelihara dan menjaga fitrah itu. Hal ini merupakan suatu pertanda ketidakstabilan kondisi manusia dilihat dari sudut pandang Alquran, khususnya dari surat ar-Rum ayat 30. Kesimpulan dari penelitian ini adalah fitrah manusia yang ditanamkan oleh Allah sejak ia diciptakan adalah agama Islam. Fitrah ini akan selalu bersemayan pada diri manusia, sekalipun ia menyimpang dari fitrah tauhid tersebut. Faktor penyebab dari penyimpangan tersebut terbagi menjadi dua, pertama faktor internal berupa hawa nafsu yang selalu dituruti oleh manusia, kedua faktor ekstemal berupa lingkungan negatif manusia yang selalu bersinggungan dengannya, sehingga mengeluarkan manusia dari fitrah agama Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitria, Dovilisano--UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Uncontrolled Keywords: Fitrah keagamaan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tafsir Hadis
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 19 Oct 2017 02:31
Last Modified: 04 Oct 2018 09:01
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/20687

Actions (login required)

View Item View Item