Peran konselor dalam layanan pengembangan diri siswa melalui kegiatan ekstra kurikuler di SMA al-Islam Krian Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khasanah, Uswatun (2010) Peran konselor dalam layanan pengembangan diri siswa melalui kegiatan ekstra kurikuler di SMA al-Islam Krian Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (592kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (663kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (138kB) | Preview

Abstract

Pendidikan dan bimbingan mempunyai peranan penting dalam memberikan dukungan dan pengarahan pada proses perkembangan sasaran peserta didik sepanjang mas sekolahnya. Untuk itu di SMA AL-Islam Krian Sidoarjo ini sangat memerlukan adanya seorang konselor dalam usaha memberi arahan dan petunjuk kepada peserta didik dalam mengembangkan bakat, m pat serta potensi yang dimilikinya. Rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi: 1. Bagaimana layanan pengembangan diri siswa di SMA AL-Islam Krian Sidoarjo?, 2. Bagaimana kegiatan Ekstra kurikuler di SMA AL-Islam Krian Sidoarjo?, 3. Bagaimana peran konselor dalam layanan pengembangan diri siswa melalui kegiatan ekstra kwikuler di SMA Al-Islam Krian Sidoarjo?. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif-kualitatif. Dan dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan melihat data dokumenter, kemudian dilakukan penyajian data clan analisa data agar mendapatkan hasil penganalisasian data secara actual dan mendalam, sehingga benar-benar sesuai dengan topik penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran konselor di SMA AL-Islam Krian Sidoarjo sudah sesuai dengan kurikulu yang ada. Namun tugas dan fungsi konselor di SMA Al-Islam Krian Sidoarjo telah berjalan baik, dengan dibuktikannya program kerja BK yang telah dbuat, seperti dalam SKB Mendikbud dan Kepala BAKBN No. 0433/P/1993 dan No.25 Tahun 1993 tentang Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya adalah guru yang mempunyai tugas, tanggung jawab, wewenang, dan hak secara penuh dalam kegiatan Bimbingan dan Konseling terhadap sejumlah peserta didik. SMA AL-Islam Krian Sidoarjo bekerja sama dengan pembina kegiatan ekstra kurikuler untuk mengetahui bakat, minat serta perkembangan siswa dalam mengikuti kegiatan ekstra kurikuler tersebut Selain itu, konselor juga memberikan arahan serta motivasi kepada siswa dalam menentukan ekstra kurikuler yang akan di inginkan. Layanan pengembangan diri merupakan layanan diluar jam pelajaran yang diberikan oleh konselor di SMA Al-Islam Krian Sidoarjo. Dan menggunakan empat bidang bimbingan yaitu bimbingan pribadi, belajar, sosial, clan karir untuk mengembagkan bakat tersebut. Sehingga pengembangan diri terealisasikan langsung pada kegiatan ekstra kurikuler tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khasanah, UswatunUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Pendidikan
Pendidikan > Ekstrakurikuler
Uncontrolled Keywords: Konselor; pengembangan diri siswa; kegiatan ekstra kurikuler
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 18 Oct 2017 06:39
Last Modified: 18 Oct 2017 06:39
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/20680

Actions (login required)

View Item View Item