Studi komperatif antara prestasi belajar mahasiswa menikah dengan mahasiswa belum menikah jurusan Kependidikan Islam Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel Surabaya

Sa’diyah, Hidayatus (2010) Studi komperatif antara prestasi belajar mahasiswa menikah dengan mahasiswa belum menikah jurusan Kependidikan Islam Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (636kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (101kB) | Preview
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (295kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (959kB)
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (770kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (667kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (62kB) | Preview
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (108kB)

Abstract

Pada saat ini kita menyadari bahwa keberbasilan belajar bukan semata-mata tergantung dari kecerdasan otak saja. Sikap, kebiasaan dan ketrampilan belajar juga mempengaruhi dan memegang peranan penting dalam menentukan basil prestasi belajar. Dengan demikian peranan orang tua dan guru sangat menentukan agar mempunyai atau memiliki sikap, kebiasaan, dan ketrampilan belajar sendiri yang pada akhimya memperoleb prestasi belajar yang baik. Seperti telab dijelaskan diatas bahwa keberbasilan belajar bukan semata­mata tergantung hanya kepada kecermalangan otak belaka, maka peran guru dan motivasi orang tua di rumah juga sangat berpengaruh untuk memberi dorongan dan bantuan kepada mahasiswa tentang cara belajar yang baik dan memecahkan masalah kesulitan belajar yang dihadapi, sehingga pada akhimya dapat memperoleh basil belajar yang optimal. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yakni peneliti berusaha menjelaskan fakta di lapangan secara sistematis. Dengan harapan dapat menjawab pertanyaan: Bagaimana Prestasi Belajar yang mahasiswa Jurusan Kependidikan Islam Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel Surabaya yang menikah dan yang belum menikah. Data penelitian dihimpun melalui wawancara dengan Mahasiswa Jurusan Kependidikan Islam Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel Surabaya, selanjutnya dianalisis dengan metode dokumentasi dan teknik analisis data. Hasil penelitian menyimpulkan, pertama, basil penelitian yaitu ro (basil observasi dilapangan) menunjukkan lebib besar dari pada rt (0,731 dengan 0,304). Kcdua, perbedaan prestasi belajar antara kedua mahasiswa yang berlatar belakang tidak sama Jurusan Kependidikan Islam Fakultas Tarbiyah tidak begitu tinggi dan tidak begitu rendah. Dari kesimpulan penelitian ini, saran yang ingin penulis sampaikan tidak terlalu esensial, mengingat manusia pada umumnya memiliki keinginan dan kepentingan yang berbeda-beda, termasuk mabasiswa yang telah berstatus menikah akan tetapi untuk meningkatkan prestasi belajar mahasiswa khususnya yang berstatus menikah mendapatkan perhatian yang lebih besar dari pihak lembaga.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Subty, Taufiq
Uncontrolled Keywords: Prestasi belajar; mahasiswa yang sudah menikah; mahasiswa belum menikah
Subjects: Nikah
Pendidikan > Prestasi Belajar
Remaja
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 17 Oct 2017 07:18
Last Modified: 17 Oct 2017 07:18
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/20655

Actions (login required)

View Item View Item