Gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan loyalitas guru di SMPN 1 Lamongan

Arifinah, Cholilatul (2010) Gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan loyalitas guru di SMPN 1 Lamongan. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (492kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (94kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (384kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (329kB) | Preview
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (738kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (156kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (137kB)

Abstract

Kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan bertanggung jawab terhadap kelancaran pelaksanaan pendidikan dan pengajaran di sekolahnya, Karena fungsi utama kepala sekolah adalah menciptakan situasi belajar mengajar sehingga guru- guru dapat mengajar dan murid-murid dapat belajar dengan baik. Hal ini tidak terlepas dari gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam menerapkan kepemimpinannya. Objek yang peneliti pilih adalah Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Lamongan. Rumusan dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana gaya kepemimpinan kepala sekolah SMPN 1 Lamongan dalam menjalankan organisasi sekolahnya? (2) Apakah gaya kepemimpinan kepala sekolah mempengaruhi dalam peningkatan loyalitas guru di SMPN 1 Lamongan? (3) Langkah-langkah apa saja yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan loyalitas guru di SMPN 1 Lamongan? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif yaitu mengadakan penelitian pada konteks dari suatu kebutuhan dari sebagaimana adanya (alami) berdasarkan fakta empiris tanpa dilakukan perubahan dan interfensi oleh peneliti. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini adalah gaya kepemimpinan kepala sekolah yang situasional yang diterapkan di SMPN 1 Lamongan. Bentuk gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan loyalitas guru di SMPN 1 Lamongan meliputi rapat dewan guru, studi lanjut gelar, pertemuan kelompok keija guru, penataran dan lokakarya, workshop, studi banding, diskusi kelompok antara guru bidang studi, dan penugasan. Loyalitas guru dapat ditunjukkan dalam kesetiaan sebagai guru, ketaatan sebagai guru, kejujuran sebagai guru, tanggung jawab sebagai guru, kerjasama antar guru, dan disiplin kerja guru.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Fanani, AZ.
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan kepala sekolah; loyalitas guru
Subjects: Kepala Sekolah
Kepemimpinan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 17 Oct 2017 03:28
Last Modified: 04 Oct 2018 08:39
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/20649

Actions (login required)

View Item View Item