Interaksi sosial antara umat Katolik dan Kristen Protestan di Kelurahan Juwet Kenongo Kecamatan Porong Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholiha, Muharomatus (2017) Interaksi sosial antara umat Katolik dan Kristen Protestan di Kelurahan Juwet Kenongo Kecamatan Porong Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (468kB) | Preview
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (141kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (249kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (339kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan yang bertujuan untuk mengetahui dua persoalan, yaitu: Pertama, bagaimana bentuk-bentuk interaksi sosial Umat Katolik dan Kristen Protestan di Juwet Kenongo. Kedua, bagaimana tantangan dan harapan antara Umat Katolik dan Umat Kristen dalam hal interaksi sosialnya. Manfaat dari penelitian ini untuk menambah mengetahui interaaksi antarumat beragama khususnya di Juwet Kenongo sendiri. Dan jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang menggambarkan atau melukiskan suatu kenyataan sosial dalam masyarakat. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dengan metode kualitatif. Metode ini menjadi langkah awal bagi penulis untuk melihat, mengamati dan menyelidiki fakta-fakta yang terjadi, setelah penulis melakukan wawancara dan dokumentasi. Sumber data dari penelitian ini diperoleh dari orang-orang yang dijadikan informan yaitu pemeluk agama tersebut dan tokoh masyarakat Juwet Kenongo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, adanya suatu interaksi sosial antara Katolik dan Kristen Protestan di Kelurahan Juwet Kenongo dengan terciptanya suatu hubungan interaksi sosial keagamaan antara Umat Katolik dan Umat Kristen Protestan cukup harmonis. Dengan bentuk-bentuk Interaksi sosial berupa pelakasanaan perayaan keagamaan dan pelaksaan bakti sosial. Kedua, Tantangan yang paling menonjol yaitu tertutupnya Umat Kristen terhadap Umat Katolik yang memang pada dasarnya lingkungan mereka yang tidak mendukung untuk dengan bebas bermasyarakat seperti halnya Umat Katolik sehingga harapan yang diambil yaitu kesadaran demi tercapainya suatu interaksi yang baik dan harmonis antar umat beragama terutama untuk Umat Katolik dan Umat Kristen sendiri. Disamping itu semua mereka tetap hidup rukun, aman dan damai. Karena mereka saling menjaga, menghargai, dan saling memahami perbedaan yang ada.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholiha, Muharomatusma.karomah94@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Sosiologi > Sosiologi Kota
Sosiologi
Keywords: Interaksi sosial; Katolik; Kristen
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Sholiha Muharomatus
Date Deposited: 13 Oct 2017 06:56
Last Modified: 13 Oct 2017 06:56
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/20610

Actions (login required)

View Item View Item