Penerapan sistem mudarabah musyarakah pada PT. Asuransi Takaful Keluarga Surabaya dalam perspektif hukum Islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Basthomi, Moh. Yazid (2009) Penerapan sistem mudarabah musyarakah pada PT. Asuransi Takaful Keluarga Surabaya dalam perspektif hukum Islam. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (433kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (100kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (105kB) | Preview
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (189kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (165kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (280kB)

Abstract

Perusahaan asuransi jiwa merupakan salah satu lembaga keuangan yang penting bagi perekonomian masyarakat. Saat ini asuransi jiwa syariah (takaful keluarga) telah banyak bermunculan dengan menawarkan konsep yang berbeda dengan asuransi jiwa konvensional, dimana dalam asuransi jiwa syariah dalam sistemnya menggunakan konsep mudarabah (bagi hasil). Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus dengan subyek penelitian PT. Asuransi Takaful Keluarga Surabaya yang terletak di JL. Diponegoro No.5 Surabaya. Data diperoleh dari dokumentasi dan wawancara dengan pihak-pihak yang terkait dengan penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjawab pertanyaan: 1. Bagaimana penerapan sistem mudarabah musyarakah pada PT. Asuransi Takaful Keluarga Surabaya? 2. Bagaimana tinjauan hukum Islam terrhadap penerapan sistem mudarabah musyarakah pada PT. Asuransi Takaful Keluarga Surabaya? Mudarabah musyarakah adalah akad pemberian kuasa (bagi hasil) dari peserta kepada perusahaan asuransi (Takaful) untuk mengelola dana peserta dan atau melakukan kegiatan lain dimana pihak pengelola juga ikut menyertakan modalnya dalam kegiatan investasi tersebut. Mekanisme dari mudarabah musyarakah yang terdapat pada PT. Asuransi Takful Keluarga adalah dengan cara dana dari peserta / kontribusi yang diserahkan kepihak takaful akan dikelola berdasarkan prinsip mudarabah atau sistem bagi hasil, proporsi bagi hasil tersebut berdasarkan kesepakatan kedua belah pihak dalam kontrak perjanjian, dan termuat dalam perjanjian juga adalah besar kontribusi yang dibayar oleh peserta berdasar produk dan manfaat takaful yang diperoleh oleh peserta tersebut. Kontribusi digolongkan dalam dua macam, yaitu dana tabungan yang merupakan murni milik peserta dan dana tabarru' atau dana derma yang merupakan dana yang diikhlaskan untuk membantu sesama peserta. Dari analisa dapat disimpulkan bahwa sistem mudarabah musyarakah dioperasionalkan oleh PT Asuransi Takaful Keluarga Surabaya dimulai saat awal kontrak sampai dengan pendistribusian antara kedua belah pihak sesuai dengan hukum mudarabah

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Basthomi, Moh. Yazid--UNSPECIFIED
Subjects: Asuransi Islam
Uncontrolled Keywords: Sistem mudarabah musyarakah; Asuransi Takaful Keluarga
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Arsip Syariah
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Oct 2017 08:21
Last Modified: 04 Oct 2018 08:45
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/20564

Actions (login required)

View Item View Item