Tinjauan hukum Islam terhadap instrumen Hedging pada transaksi Swap menurut peraturan Bank Indonesia Nomor: 7/36/PBI/2005 tentang transaksi Swap lindung nilai

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wulandari, Silvia Yuni Catur (2009) Tinjauan hukum Islam terhadap instrumen Hedging pada transaksi Swap menurut peraturan Bank Indonesia Nomor: 7/36/PBI/2005 tentang transaksi Swap lindung nilai. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (481kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (148kB) | Preview
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (207kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (204kB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (298kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (295kB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/20530

Abstract

Skripsi ini adalah penelitian kepustakaan (bibliographyc research) untuk menjawab pertanyaan Bagaimana deskripsi tentang akad hedging dalam transaksi swap menurut peraturan bank Indonesia No. 7/36/PBI/2005 tentang pelaksanaan swap lindung nilai, serta bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap instrumen hedging pada transaksi swap menurut peraturan bank Indonesia No. 7/36/PBI/2005 tentang transaksi swap lindung nilai. Data ini dihimpun melalui penelitian kepustakaan dalam (bibliographyc research) yaitu mempelajari buku-buku dan peraturan perundang-undangan serta catatan yang berhubungan dengan transaksi swap (text reading) dengan pendekatan menggunakan deskriptif analitif, lalu dianalisis dengan menggunakan deskriptif verifikatif sehingga menghasilkan kesimpulan yang diperoleh melalui metode deduktif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa instrumen hedging adalah suatu cara atau teknik yang dilakukan untuk mengurangi resiko yang diperkirakan akan timbul akibat adanya fluktuasi harga atau nilai tukar di pasar keuangan, cara ini untuk mengatur resiko dengan cara melakukan pembelian future market , yang mana banyak perusahaan membuka future market pada posisi yang sama dan pada berlawanan posisi dengan melakukan transaksi swap. Sedangkan transaksi swap lindung nilai adalah transaksi swap beli bank dalam valuta asing terhadap rupiah dalam rangka lindung nilai yang dilakukan antara bank dengan bank Indonesia. namun dalam pelaksanaannya dari segi harga penyerahan serta penerimaannya dalam transaksi ini disertai dengan pembayaran bunga mengambang dalam jangka waktu yang telah disepakati, maka jelas sekali bahwa transaksi swap ini hukumnya haram. Sejalan dengan kesimpulan di atas, maka kepada pemegang otoritas transaksi swap disarankan adanya pembayaran bunga mengambang yang disertakan dalam pembayaran tersebut ditiadakan, agar para pengelola perusahaan atau lembaga keuangan yang berbasis syari'ah dapat melakukan kontrak tersebut untuk bisa membantu mengembangkan an bersaing dengan lembaga keuangan non syari'ah lainnya tanpa khawatir dengan adanya pembayaran bunga dalam transaksi yang dilakukan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wulandari, Silvia Yuni Catur--UNSPECIFIED
Subjects: Bank dan Perbankan
Keywords: Instrumen hedging; transaksi swap; BI
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Arsip Syariah
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 09 Oct 2017 07:49
Last Modified: 04 Oct 2018 07:47
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/20530

Actions (login required)

View Item View Item