Studi analisis buku ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas X kurikulum 2013 berdasarkan Badan Standar Nasional Pendidikan dalam perspektif pendidikan karakter

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khoerul, Mochammad (2017) Studi analisis buku ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas X kurikulum 2013 berdasarkan Badan Standar Nasional Pendidikan dalam perspektif pendidikan karakter. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (688kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (637kB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (829kB)
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (450kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (779kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (358kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah aspek kelayakan materi buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas X kurikulum 2013 berdasarkan BSNP dalam perspektif Pendidikan Karakter (2) Bagaimanakah aspek kelayakan penyajian (3) Bagaimanakah aspek kelayakan bahasa (4) Bagaimanakah aspek kegrafikan , maka dapat disimpulkan sebagai berikut.Dalam pembahasan ini penulis menggunakan metode penelitian deskriptif-evaluatif. Merupakan metode penelitian yang berusaha menggambarkan dan menginterpretasi objek sesuai dengan apa adanya. Temuan yang diperoleh dalam penelitian ini. Pertama, bahwa dari aspek kelayakan materi secara keseluruhan sudah dianggap baik namun ada beberapa hal yang perlu adanya perbaikan seperti pada masalah terkait dengan keakuratan materi, ada beberapa catatan yang perlu ada perbaikan yaitu mengenai sumber rujukan yang kurang jelas, yang dicontohkan dalam buku tersebut adalah mengenai “ Pesan-pesan mulia “ yang isinya menceritakan sejarah ataupun kisah-kisah jaman dahulu, semestinya sumber rujukan dapat dicantumkan dengan jelas. Sehingga validitasnya dapat dipertanggungjawabkan, kemudian mengenai perhitungan terkait dengan kelayakan penyajian materi ini, diperoleh nilai 90,6 %. Kedua, dari aspek kelayakan penyajian secara keseluruhan dianggap cukup sehingga ada beberapa hal terkait dengan penyajian tersebut yang perlu ada perbaikan secara serius. Dalam aspek kelayakan penyajian ini ada beberapa temuan-temuan yang perlu segera dibenahi, seperti misalnya penyajian dalam aspek sistem pembelajaran yang digunakan hanyalah sistem pembelajaran mandiri, sehingga sistem pembelajaran kolaboratif masih kurang, akibatnya dampak yang ditimbulkan yaitu peserta didik akan kesulitan bekerja sama dalam mengerjakan sebuah pekerjaan yang membutuhkan kerja tim, Dari hasil perhitungan diperoleh hasil data kelayakan penyajian sebesar 88,2 %, ketiga, dari aspek kelayakan bahasa ini sudah baik dimana cara penulisannya sudah mengunakan kaidah-kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar dan juga menggunakan bahasa yang baik dan sopan sehingga tidak bertentangan dengan norma-norma dalam masyarakat terutama dalam pendidikan karakter yang diterapkan dalam ajaran islam yaitu selalu berucap dengan ucapan akhlakul karimah, dari hasil perhitungan penulis terkait dengan kelayakan bahasa diperoleh hasil 100 %, keempat, dari aspek kelayakan kegrafikan juga sudah baik namun masih ada beberapa hal yang perlu ada pebaikan seperti dalam pencantuman sumber ilustrasi gambar, ada beberapa gambar yang tidak dicantumkan sumber pengambilan gambar tersebut baik itu pengambilan dari buku maupun internet. dan dari hasil perhitungan dari aspek kegrafikan ini diperoleh hasil 97,2 %. Maka diperoleh nilai rata-rata kualitas buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kurikulum 2013 dari aspek kelayakan materi, bahasa, penyajian dan kegrafikan secara keseluruhan berdasarkan prosentase adalah 94 %.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khoerul, Mochammadcho_y99@yahoo.co.idUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Keywords: Studi analisis buku ajar; Badan Standar Nasional Pendidikan; pendidikan karakter
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: KHOERUL MOCHAMMAD
Date Deposited: 09 Oct 2017 06:53
Last Modified: 09 Oct 2017 06:53
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/20526

Actions (login required)

View Item View Item