Model pendidikan Islam di SD Islam Terpadu Cordova Samarinda

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Noor, Aspian (2006) Model pendidikan Islam di SD Islam Terpadu Cordova Samarinda. Masters thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (311kB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (277kB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (305kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (630kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (521kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Studi tentang Model Pendidikan Islam di SD Islam Terpadu Cordova Samarinda”. Penelitian ini dilatarbelakangi adanya pendidikan sistem full day school yang diterapkan di SD Islam Terpadu Cordova Samarinda yang menerapkan keterpaduan sistem pengajaran dan pembelajaran dengan pendidikan agama Islam. Berdasarkan latar belakang di atas, penulis merumuskan masalah yang berkaitan dengan manajemen, struktur kurikulum dan proses pembelajarannya serta strategi yang diterapkan dan kendala yang dihadapi di sekolah tersebut. Tujuan dan kegunaan dari penelitian ini penulis harapkan sebagai kontribusi pemikiran dan kemajuan pendidikan khususnya di SD Islam terpadu Cordova Samarinda. Model yang penulis gunakan dalam penelitian ini menggunakan model penelitian empirik dengan menggunakan pendekatan sosio- kultural kerangka teori fungsionalisme struktural. Sumber data yang digunakan berupa tulisan, tindakan dan ucapan manusia termasuk gambar-gambar serta statistik. Dan tekniknya menggunakan observasi, interview, dan dokumentasi. Untuk menjawab rumusan masalah di atas, penulis terlebih dahulu mengemukakan landasan teoritiknya dengan membahas tinjauan umum model sekolah yang meliputi: pengertian model, pengertian pendidikan Islam, dan pengertian model pendidikan Islam. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa Pertama, Di SD Islam Terpadu Cordova Samarinda ada perpaduan kurikulum yang sangat berarti bagi lembaga tersebut yang mencakup tujuan, materi, metode pengajaran, dan evaluasi. Kedua, Latar belakang perpaduan kurikulum di SDIT Cordova secara garis besar sebenarnya terletak pada: tuntutan agama, dan tuntutan kehidupan/masyarakat. Ketiga, Proses perpaduan kurikulum yang dilakukan di SDIT Cordova adalah dengan jalan: perumusan tujuan institusional, penyusunan struktur program, perumusan tujuan kurikuler, perumusan tujuan instruksional, dan penyusunan pedoman pelaksanaan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Noor, AspianUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Uncontrolled Keywords: Model pendidikan; Pendidikan Islam; SD Islam Terpadu Cordova
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 09 Oct 2017 02:15
Last Modified: 09 Oct 2017 02:15
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/20517

Actions (login required)

View Item View Item