Tinjauan hukum Islam terhadap mekanisme pengalihan hak pengelolaan tanah kas desa dengan keputusan Perdes di KediriL studi kasus di Desa Cendono Kecamatan Kandat Kabupaten Kediri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurhayati, Siti (2009) Tinjauan hukum Islam terhadap mekanisme pengalihan hak pengelolaan tanah kas desa dengan keputusan Perdes di KediriL studi kasus di Desa Cendono Kecamatan Kandat Kabupaten Kediri. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (532kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (624kB) | Preview
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (295kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (296kB)

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian lapangan di desa Cendono Kecamatan Kandat Kabupaten Kediri untuk menjawab pertanyaan: bagaimana mekanisme pengalihan hak pengeloaan tanah kas desa dengan keputusan Perdes di Kediri dan bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap mekanisme pengalihan hak tanah kas desa dengan keputusan Perdes di Kediri. Data yasng dihimpun melalui interview dan mengumpulkan data sekunder dan selanjutnya dianalisis dengan teknik deskriptif dan analisis induktif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: Pertama, mekanisme pengalihan hak pengelolaan tanah kas desa dengan keputusan Perdes di Kediri yang dilakUkan ketiga perangkat desa, yaitu: Sekretaris Desa (Carik), Kepala Urusan Kescjahteraan, Kepala Urusan Umum dan Keuangan, Menurut Perda Kabupaten Kediri No. II pasal 3 ayat (2) pemberlakuan besarnya tanah ganjaran Kepala Desa Cendono diperbolehkan berdasarkan asal usul dan adat istiadat. Dalam artian pemanfaatan tanah oleh ketiga Perangkat Desa Cendono diperbolehkan dengan alasan di atas. Di lihat berdasarkan asal usul pemanfaatan tanah tersebut dikarenakan adanya aparat desa yang meninggal dunia. Jadi mekanisme pengalihan hak pengelolaan tanah kas desa di Desa Cendono tidak bertentangan dengan Perda Kediri itu sendiri. Kedua, mcnurut analisis hukum Isla mekanismenya termasuk dalam asas pemanfaatan sesuatu, dalam Islam disebut haqq al irtifaq yakni pemanfaatan sesuat u, yakni mengolah tanah unt uk memenuhi kebut uhan dan kesejahteraan hidupnya. Sejalan dengan kesimpulan di atas, maka kepada aparat desa Cendono terutama disarankan: Penama, sebagai aparat desa Cendono dalam pengalihan hak pengelolaan tanah kas desa harus mengikuti perat uran yang sudah di berlakukan terutama peraturan yang di atasnya. Kedua, untuk aparat desa Cendono dengan adanya mekanisme pengalihan hak pengelolaan tanah kas desa yang telah dikelolanya hendanyas adimanfaat kan denga sebaik-baiknya agar tercapai hidup yang makmur dan sejahtera.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurhayati, Siti--UNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Hukum Islam > Jual Beli
Uncontrolled Keywords: Pengalihan hak; pengelolaan tanah; kas desa
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Arsip Syariah
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 06 Oct 2017 09:30
Last Modified: 04 Oct 2018 07:51
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/20513

Actions (login required)

View Item View Item