Efektifitas metode induktif pada pembelajaran kitab Jurumiyah di Madrasah Diniyah al Hikmah Purwoasri Kediri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayati, Nunuk (2010) Efektifitas metode induktif pada pembelajaran kitab Jurumiyah di Madrasah Diniyah al Hikmah Purwoasri Kediri. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (507kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (195kB) | Preview
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (211kB)
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (788kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (449kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (158kB) | Preview

Abstract

Pondok Pesantren adalah salah satu jenis lembaga pendidikan yang tumbuh dan berkembang di tengah-tengah lingkungan masyarakat yang bersifat tradisional guna mendalami ilmu agama Islam dan mengamalkannya sebagai pedoman hidup keseharian. Keberadaan pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan tertua di Indonesia. Eksistensi lembaga tersebut telah lama mendapat pengakuan masyarakat dan diakui sebagai lembaga pengajaran yang turut berperan serta dalam mencerdaskan dalam kehidupan bangsa, tidak hanya dari segi moril, namun telah pula memberikan sumbangsih yang cukup signifikan dalam penyelenggaraan pendidikan terutama dalam metode pembelajaran. Dalam skripsi ini penulis membahas tentang efektifitas metode induktif untuk pembelajaran kitab jurumiyah di Madrasah Diniyah Al Hikmah Purwoasri Kediri. Dengan tiga rumusan masalah yakni sebagai berikut: Bagaimana penerapan metode induktif untuk pembelajaran jurwniyah? Apa kesulitan penerapan metode induktif clan bgaimana solusinya? Adakah efektifitas metode induktiff untuk pembelajaran kitab jurumiyah di Madrasah Diniyah Al-Hikmah Purwoasri Kediri? Untuk memperoleh data dalam penelitian ini penulis menggunakan beberapa metode antara lain: metode observasi, metode interview, angket dan dokumentasi. Adapun prosentase yang yang kemudian dideskripsikan, sedangkan untuk menjawab rumusan masalah pertama clan kedua peneliti menggunakan rumusan masalah yang ketiga peneliti menggunakan rumus product moment. Berdasarkan hasil dari penyajian data diatas bahwa variabel X dan Y mendapatkan hasil X= 1117 dan Y=639 yang kemudian dihitung dengan menggunakan hitungan product moment yang mendapatkan basil 0,209 dan setelah dikonsultasikan dengan tabel interpretasi berada pada 0,20-0,40 yang menunjukkan bahwa korelasi antara X dan Y rendah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayati, Nunuk--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Metode induktif pembelajaran; Jurumiyah; Madrasah Diniyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 06 Oct 2017 07:47
Last Modified: 04 Oct 2018 07:18
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/20508

Actions (login required)

View Item View Item