Kompetensi guru hafalan al-qur'an di Pondok Pesantren Bustanul Huffadz Assa'idiyah Sampang Madura

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Darwis, Moh. (2006) Kompetensi guru hafalan al-qur'an di Pondok Pesantren Bustanul Huffadz Assa'idiyah Sampang Madura. Masters thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (451kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (387kB) | Preview
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (400kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (469kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (437kB)

Abstract

Pertanyaan yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah apa saja kompetensi guru hafalan al-Qur'an di pondok pesantren ini, dan faktor apa saja yang mempengaruhi kompetensi tersebut? Untuk memperoleh data sebagai bahan analisis dalam rangka menjawab pertanyaan tersebut, peneliti menggunakan metode observasi langsung, wawancara, dokumen dan angket. Dari hasil penelitian ini ditemukan, bahwa kompetensi yang harus memiliki guru hafalan al-Qur'an ada tiga mcam, yaitu: kompetensi kepribadian, kompetensi profesional dan kompetensi sosial. Kompetensi kepribadian meliputi; sikap istiqamah, tawadu', wara', sabar dan open (ulet), bertanggung jawab dan wibawa. Sedangkan kompetensi profesional, meliputi; penguasaan bahan hafalan 30 juz, pengelolaan bahan hafalan al-Qur'an. Penguasaan prinsip-prinsip pengajaran hafalan al-Qur'an, kemampuan menggunakan metode-metode hafalan al-Qur'an dan kemampuan mengevaluasi hafalan al-Qur'an. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi kompetensi-kompetensi tersebut, dalam hal ini ada dua macam pembahasan, yaitu faktor yang mempengaruhi keberhasilan dan faktor yang menghambat. Faktor yang mempengaruhi keberhasilan meliputi; latar belakang pendidikan (pengalaman menghafal al-Qur'an 30 juz dan memiliki ijazah sanad hafalan), pengalaman mengajar, dan senioritas. Sedangkan faktor yang menghambat meliputi; guru terlalu banyak tugas diluar pengajaran hafalan al-Qur'an karena merangkap jabatan fungsional pesantren, terbatasnya sarana dan prasarana serta masyarakat sekitar yang apriori terhadap pesantren.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Darwis, Moh.UNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Guru
Uncontrolled Keywords: Kompetensi guru; Hafalan al-qur'an
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 05 Oct 2017 03:40
Last Modified: 05 Oct 2017 03:40
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/20492

Actions (login required)

View Item View Item