Efektifitas pennyaluran dana zakat di Baznas provinsi Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Bahruddin, Makhfudl Bayu (2017) Efektifitas pennyaluran dana zakat di Baznas provinsi Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Makhfudl Bayu Bahrudin_C04212064.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Efektivitas Penyaluran Dana Zakat Di BAZNAS Provinsi Jawa Timur” ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, yakni peneliti berusaha menjelaskan fakta yang ada di lapangan secara sistematis yang bertujuan menjawab pertanyaan mengenai bagaimana penyaluran dana zakat dan besar efektivitas penyaluran dana zakat di Baznas Provinsi Jawa Timur. Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun pengumpulan data penelitian menggunakan teknik wawancara dengan pihak terkait yaitu bidang pendistribusian, bidang penghimpunan, dan bagian keuangan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pola pikir induktif yaitu menjelaskan hasil penelitian mengenai fakta yang terjadi di lapangan yang selanjutnya dianalisis sesuai teori yang ada. Hasil penelitian yang diperoleh adalah pertama, penyaluran dana zakat di Baznas Provinsi Jawa Timur hanya disalurkan kepada fakir, amil, dan ibnu sabil. Hal tersebut sudah sesuai menurut Imam Malik, Abu Hanifah yaitu tidak mewajibkan pembagian zakat pada semua sasaran. Akan tetapi mengenai pendapat Imam Syafi‟i tersebut dalam kitabnya Wahbah Al-Zuhaily bahwa mazhab Syafi‟i mengatakan, zakat wajib dikeluarkan kepada delapan kelompok manusia, baik itu zakat fitrah maupun zakat mal. Menurut Imam Syaf’i zakat wajib diberikan kepada delapan kelompok jika semua kelompok itu ada. Jika tidak, zakat itu hanya diberikan kepada kelompok yang ada saja. Kedua, Efektivitas penyaluran dana zakat di Baznas Provinsi Jawa Timur tahun 2013 sebesar 98%, tahun 2014 sebesar 91%, tahun 2015 sebesar 123%, dan tahun 2016 sebesar 92% sehingga masuk kategori ACR highly effective. Artinya bahwa penyaluran dana zakat di BAZNAS provinsi jawa timur ini sangat efektif (highly effective), sebab penyaluran dana dari tahun ke tahun mengalami peningkatan dan terjadi penurunan sekali pada tahun 2015. Hal tersebut memberikan arti bahwa BAZNAS provinsi jawa timur selalu berusaha meningkatkan dana penghimpunannya dan efektif disalurkan sampai mencapai >90 % (highly effective). Sejalan dengan hasil penelitian di atas, penulis dapat memberikan saran bahwa pihak BAZNAS provinsi jawa timur lebih ditingkatkan terus target penghimpunan dananya agar penyaluran dana zakat lebih besar. Selain itu, juga agar tidak menggunakan dana infaq dan shodaqoh untuk menutupi kekurangan dana pada penyaluran zakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Bahruddin, Makhfudl Bayumakhfud_img@yahoo.co.idUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen
Zakat
Uncontrolled Keywords: Penyaluran zakat; Eeektivitas; ACR; Allocation to Collection Ratio
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: BAHRUDIN MAKHFUDL BAYU
Date Deposited: 05 Oct 2017 07:46
Last Modified: 13 Mar 2019 01:20
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/20489

Actions (login required)

View Item View Item