Pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui budidaya belimbing di Desa Tasikmadu Kecamatan Palang Kabupaten Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fajar, M. Ekwan (2010) Pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui budidaya belimbing di Desa Tasikmadu Kecamatan Palang Kabupaten Tuban. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (584kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (767kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (761kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (166kB) | Preview

Abstract

Ada 3 permasalahan yang dikaji dalam skripsi ini yaitu (1). Bagaimana proses pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui Budidaya Belimbing di Desa Tasikmadu Kecamatan Palang Kabupaten Tuban? (2). Apa saja faktor penghambat dan pendukung Budidaya Belimbing dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat di Desa Tasikmadu Kecamatan Palang Kabupaten Tuban? (3). Bagaimana relevansi pemberdayaan ekonomi masyarakat di Desa Tasikmadu Kecamatan Palang Kabupaten Tuban dengan dakwah Pengembangan Masyarakat Islam? Untuk mengidentifikasi masalah tersebut dan mencapai tujuan penulisan skripsi ini maka penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dalam menganalisis masalah. Teknik pengukpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pemberdayaan masyarakat yang berisi tentang tahap penyadaran, tahap pengkapasitasan, dan tahap pemberian daya. Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa bahwa Proses pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui budidaya belimbing adalah menggunakan tiga tahap yaitu, a) Tahap Penyadaran, b) Tahap Pengkapasitasan, c) Tahap Pemberian daya. Faktor penghambat pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui budidaya belimbing ini adalah faktor eksternal seperti kelangkaan pupuk, kerusakan sarana prasarana dan faktor alam serta hama penyakit. Faktor pendukungnya adalah kesiapan masyarakat, sumber daya alam, dan sarana prasarana. Relevansi dengan Pengembangan Masyarakat Islam adalah menjadikan sarana untuk terwujudnya kondisi masyarakat secara Islami agar tercapainya kehidupan yang lebih baik dan sejahtera. Berdasarkan masalah dan kesimpulan tersebut penelitian ini belum menjawab lebih jauh tingkat keberhasilan pemberdayaan masyarakat, namun masih dalarn upaya meningkatkan perekonomian masyarakat melalui budidaya belimbing. Untuk itu bagi para peneliti yang kebetulan mengambil penelitian dengan tema yang sama, diharapkan ada proses kontinuitas penelitian yang penulis teliti dalam skripsi sebagai penyempurnaan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fajar, M. EkwanUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi
Masyarakat
Wirausaha
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan ekonomi; masyarakat; budidaya belimbing
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 04 Oct 2017 04:24
Last Modified: 04 Oct 2017 04:24
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/20480

Actions (login required)

View Item View Item