Pendampingan masyarakat untuk menghadapi penyakit kusta di Desa Watestani Kecamatan Nguling Kabupaten Pasuruan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Patimah, Siti (2013) Pendampingan masyarakat untuk menghadapi penyakit kusta di Desa Watestani Kecamatan Nguling Kabupaten Pasuruan. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (636kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (145kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (189kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (121kB)

Abstract

Skripsi ini merupakan laporan pendampingan terhadap masyarakat penyandang kusta di Desa Watestani Kecamatan Nguling Kabupaten Pasuruan. Masyarakat ini perlu didampingi untuk memberikan motivasi dan pendidikan mengenai penyakit kusta. Penyakit kusta merupakan masalah kesehatan yang menimbulkan dampak yang komples. Masalah yang dimaksud bukan hanya dari segi medis, tetapi meluas sampai pada masalah sosial, ekonomi, clan budaya. Penyakit kusta sampai saat ini masih ditakuti masyarakat, keluarga tennasuk sebagian dari petugas kesehatan. Masalah tersebut adalah sebagai salah satu faktor penyebab gangguan psikis dan sosial. Serta anggapan masyarakat yang keliru mengenai penyakit kusta, penyakit kusta dianggap penyakit keturunan, penyakit karena kutukan Allah dan penyakit akibat makan dari makanan yang terkena kusta serta penyakit yang sangat menular clan tidak dapat disembuhkan. Berbagai dampak dari pengaruh sosial tersebut menimbulkan rasa takut yang sangat berlebihan terhadap penderita kusta. Dengan rasa takut yang berlebihan seperti ini, dan juga karena adanya stigma yang negatif terhadap penyakit kusta sehingga ada kecenderungan penderita seperti diisolisir serta diperlakukan tidak manusiawi. Untuk keluar dari masalah sosial tersebut, peneliti bersama leader kesehatan yang diorganisir berusaha memecahkan masalah satu-persatu. Usaha yang dilakukan diantaranya, open mind tentang lingkungan sehat dengan menanam tanaman toga, membangun kelompo penyuluhan penyakit kusta dan cara pengobatannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Patimah, SitiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Kesehatan
Kesehatan

Masyarakat
Uncontrolled Keywords: Masyarakat; penyakit kusta
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 04 Oct 2017 03:07
Last Modified: 04 Oct 2017 03:07
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/20479

Actions (login required)

View Item View Item