Pengembangan ekonomi lokal berbasis kampung jajanan: studi perubahan sosial dan ekonomi masyarakat di Desa Kedungsumur Kecamatan Krembung Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Afandi, Achmad (2010) Pengembangan ekonomi lokal berbasis kampung jajanan: studi perubahan sosial dan ekonomi masyarakat di Desa Kedungsumur Kecamatan Krembung Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (449kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (113kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (917kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (773kB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (651kB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (216kB) | Preview

Abstract

Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana awal mula proses terjadinya usaha ekonomi lokal berbasis kampung jajanan di Desa Kedungsumur Kecamatan Krembung Kabupaten Sidoarjo. (2) Bagaimana terjadinya proses perubahan sosial dan ekonomi masyarakat dengan adanya kampung jajanan di Desa Kedungsumur Kecamatan Krembung Kabupaten Sidoarjo. Dalam menjawab permasalahan tersebut penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan analisis induktif yang bertujuan untuk menganalisis gambaran wilayah atau kondisi masyarakat Desa Kedungsumur yang menekankan pada pengembangan ekonomi lokal berbasis kampung jajanan, sehingga dapat diketahui sampai sejauhmana adanya kampung jajanan ini menciptakan masyarakat menjadi berdaya dengan ke kreatifan masyarakat dalam produksi kue untuk dijadikan aset perekonomian masyarakat Kedungsumur khususnya produksi kue tradisional. Penelitian ini menyimpulkan bahwa: (I) Untuk mengetahui terjadinya proses perubahan sosial dan ekonomi masyarakat dengan adanya pembuatan kue tradisional di Desa Kedungsumur Kecamatan Krembung Kabupaten Sidoarjo, yang awal mula mereka sebagai pegawai petani atau swasta bahkan belum mempunyai pekerjaan menjadi produsen kue yang sampai sekarang mereka jalani. (2) Untuk mengetahui awal mula proses terjadinya usaha pengembangan ekonomi lokal berbasis kampung jajanan di Desa Kedungsumur Kecamatan Krembung Kabupaten Sidoarjo. Hal ini yang diawali oleh Timin(77 tahun) selaku penggagas utama produksi kue dengan cara menularkan kepada warganya dengan cara mengajak warga yang berminat dalam membuat kue, setelah warga yang telah diajari sudah bisa mereka disuruh membuka usaha sendiri di rumahnya masing-masing. Dengan adanya peresmian kampung jajanan dari pemerintahan kabupaten prospek pemasaran dan peningkatan produksi kue semakin banyak di gemari orang. Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa proses pe gembangan ekonomi lokal berbasis kampung jajanan di Desa Kedungsumur di mulai dari kekreatifan Timin yang peduli kepada tetangganya yang tidak mempunyai pekerjaan, kekreatifitasan itu ditularkan dengan senang hati melalui interaksi kepada tetangga terdekat dan yang mempunyai kesamaan minat, setelah itu orang tersebut diajari membuat kue setelah orang tersebut bisa maka orang tadi di suruh untuk membuatnya sendiri dan menjualnya. Hal ini dilakukan terns menerus sehingga terciptanya suatu julukan desa sebagai tempat produksi jajanan tradisional.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Afandi, AchmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi
Masyarakat
Wirausaha
Uncontrolled Keywords: Ekonomi lokal, kampung jajanan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 02 Oct 2017 07:47
Last Modified: 02 Oct 2017 07:47
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/20457

Actions (login required)

View Item View Item