Pendampingan masyarakat dalam memunculkan keterlibatan warga Bangoan secara aktif dalam proses pembangunan Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Surachman, Rofi (2011) Pendampingan masyarakat dalam memunculkan keterlibatan warga Bangoan secara aktif dalam proses pembangunan Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (482kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (497kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (840kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 7.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Bab 8.pdf

Download (633kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (74kB)

Abstract

Ada empat persoalan yang dikaji dalam skripsi ini, yaitu : (1) Apa yang terjadi terhadap warga kampung Bangoan (2) Bagaimana proses pembangunan lingkungan terjadi (3) Mengapa pembangunan lingkungan infrastruktur menjadi terhambat (4) Upaya apa yang bisa dilakukan untuk mendampingi warga kampung Bangoan Tiga persoalan di atas digali secara mendalam dan mendasar dengan menggunakan metode penelitian kualitatif eksploratif. Dalam hal ini metode etnografi juga perlu dilakukan agar bisa menghasilkan groundedd theory. Hasil temuan dan analisis ketiga fokus masalah yang pertama nantinya akan di gunakan sebagai pertimbangan, landasan. Dan titik tolak untuk proses pemecahan masalah terhambatnya proses pembangunan lingkungan. Proses pemecahan masalah dilakukan dengan menggunakan pendekatan PAR (Participatory Action Reserch). Pendekatan ini perlu dilakukan untuk membangun proses tersebut, pendidikan kritis masyarakat kampung Bangoan perlu dilakukan. Warga kampung Bangoan yang pada umumnya berasal dari keluarga miskin, rentan sekali menjadi korban kekuasaan terhadap pemerintah dalam arti hak-haknya sebagai seorang manusia kurang terpenuhi. Ketidak berdayaan warga membuat mereka kurang memiliki akses untuk mengembangkan taraf hidupnya. Proses tersebut terjadi dalam lingkungan masyarakat maupun dalam lingkungan sosial yang lebih luas. Hal yang membedakan proses terhambatnya pembangunan lingkungan dikampung Bangoan dan lainnya adalah terletak pada pandangan status soial dan budaya yang memiliki andil dalam proses tersebut. Proses tersebut diawali dengan proses terharnbatnya pembangunan yang terjadi secara struktural pada warga kampung Bangoan mereka hanyalah tempat akumulasi segala akibat pada warga kampung proses tersebut. Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya terhambatnya pembangunan adalah sosial ekonomi, SDM, politik, budaya, dan hukum. Upaya yang bisa dilakukan untuk memecahkan masalah tersebut adalah mempertimbangkan kondisi psikologis warga kampung Bangoan, Kabupaten Sidoarjo, guna menentukan metode partisipatori yang tepat, mengupayakan sebuah metode partisipatori yang melibatkan warga secara aktif dalam proses pembangunan untuk menyegarkan kehidupan mereka. Pada intinya, pedekatan lokal dan kultural sangat penting dalam rangka menemukan entry point yang tepat, karena hal itu akan menentukan proses selanjutnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Surachman, RofiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Masyarakat
Pembangunan
Uncontrolled Keywords: Pendampingan masyarakat; keterlibata warga Bangoan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 02 Oct 2017 04:09
Last Modified: 02 Oct 2017 04:09
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/20452

Actions (login required)

View Item View Item