إخراج المعاني النفسية في الصور الحسية في القران: دراسة بلاغية نفسية

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sa’adah, Hurin‘in Nihayatus (2012) إخراج المعاني النفسية في الصور الحسية في القران: دراسة بلاغية نفسية. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (676kB)
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (715kB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (724kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (56kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (130kB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/20428

Abstract

Kejiwaan manusia merupakan hal yang sangat menarik dan tiada akan pemah habis­ habisnya untuk diteliti dan diperbincangkan oleh semua kalangan baik para ahli psikologi apalagi ahli metafisika yang mana telah kita ketahui bahwa manusia itu bersifat dinamis, begitupun juga kejiwaan manusia yang tergambar dalam al-quran adalah hal yang menarik untuk diteliti lebih dalam dari beberapa aspek. Skripsi yang berjudul pemaparan makna­ makna kejiwaan melalui gambaran indrawi dalam al-Qur' an. Adapun permasalahan yang dibahas didalamnya adalah: (i). Apa saja ayat yang mengandung perumpamaan dan gambaran mengenai makna kejiwaan dalam al-quran secara isyarat dan kalimat, (ii). Apa sajakah makna kejiwaan manusia yang terdapat dalam ayat-ayat tersebut, (iii) dan bagaimana ketepatan penggambaran kejiwaan tersebut melal ui gambaran indrawi. Dalam penelitian literature skripsi ini, penulis menggunakan metode deskriptif eksploratif yaitu suatu jenis penelitian yang mengeksplorasi obyek secara seksama, yaitu ayat-ayat al-Quran yang mengandung pemisalan dan gambaran artistik dengan pendekatan ilmu balaghoh mengenai pemisalan dan kandungan pemisalan tersebut dianalisis dengan pendekatan Psikologi secara umum dan keindahan gambaran indrawi ayat-ayat tersebut dianalisis dengan pendekatan teori gambaran artistic. Berdasarkan hasil penelitian ini, bahwasanya pemisalan-pemisalan yang terdapat dalam al-quran mengandung beberapa makna kejiwaan mulai dari kegembiraan, kesedihan, kesesatan, penyesalan dan lainya. Dan hal itu semua digambarkan melal ui kata-kata yang mengandung gerakan, warna dan bersifat imajinatif, sehingga kejiwaan-kejiwaan manusia tersebut yang pada mulanya abstrak menjadi konkrit dan bisa diindra oleh pikiran pembaca. Dan inti dari itu semua adalah bahwasanya antara misi keagamaan dan keindahan artistik mengalami penyatuan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sa’adah, Hurin‘in Nihayatus--UNSPECIFIED
Subjects: Psikologi Islam
Keywords: Kejiwaan; indrawi
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 29 Sep 2017 07:44
Last Modified: 08 Dec 2017 16:48
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/20428

Actions (login required)

View Item View Item