Implementasi pembentukan kepribadian siswa mealui pembiasaan shalat malam dan shalat dhuha di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Krembung Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohmah, Rohmah (2012) Implementasi pembentukan kepribadian siswa mealui pembiasaan shalat malam dan shalat dhuha di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Krembung Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (524kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (63kB) | Preview
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (328kB)
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (418kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (639kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (250kB) | Preview
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (112kB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan penelitian diskriptif kualitatif, yaitu suatu penelitian yang diusahakan untuk mengindra secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta yang ada sedangkan pendekatan yang dipakai adalah pendekatan kualitatif yaitu proses penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Dalam penelitian ini penulis gambarkan kepribadian siswa serta sistem pembiasaan shalat malam dan shalat dhuha dan hasil pembentukan shalat malam dan shalat dhuha beserta faktor penghambat dan faktor pendukungnya yang mempengaruhi pembentukan kepribadian melalui pembiasaan shalat malam dan shalat dhuha. Berangkat dari analisa tersebut dapat kita ketahui bahwa hasil pembiasaan shalat malam dan shalat dhuha di SMP Negeri 2 Krembung Sidoarjo mempunyai dampak yang cukup signifikan. Melalui pembiasaan shalat malam dan shalat dhuha murid mampu merubah sifat, dan sikap yang menyimpang. Siswa-siwi dapat merubah kepribadiannya menjadi pribadi yang sehat, yaitu lebih tanggung jawab, mampu berfikir realistik serta mampu mengontrol emosi dengan baik. semakin sering siswa mengikuti pembiasaan maka kondisi kepribadian siswa akan semakin sehat, sebaliknya semakin sering siswa tidak mengikuti pembiasaan maka kondisi kepribadian siswa kurang sempurna. Adapun faktor penghambat rata-rata dari hal teknis seperti kekurangan air, tempat yang kurang luas dan lain sebagainya sedangkan faktor pendukung lebih pada faktor psikologisnya seperti kemauan yang keras, kekompakan, dan dukungan dari orang tua murid.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohmah, RohmahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Keywords: Pembentukan kepribadian; kepribadian sehat; pembiasaan shalat
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 29 Sep 2017 02:42
Last Modified: 29 Sep 2017 02:48
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/20421

Actions (login required)

View Item View Item