Dilema buruh perempuan di pabrik sepatu Sunmoonstar Kecamataan Buduran Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ainiyah, Siti Nur (2011) Dilema buruh perempuan di pabrik sepatu Sunmoonstar Kecamataan Buduran Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (460kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (105kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (266kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (127kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh keingintahuan penulis tentang para buruh perempuan yang bekerja di pabrik sepatu "Sun Moon Star" di kecamatan Buduran kabupaten Sidoarjo, yang memiliki peran ganda, yakni sebagai ibu rumah tangga dan karyawan pabrik, dan lebih menarik lagi mereka bekerja pada malam hari yakni dari jam 22.30-06.30. Penelitian yang dimaksudkan untuk mengetahui masalah sosial dalam fenomena sosial dimasyarakat, diantaranya, (1) Faktor apakah yang mendorong para buruh perempuan bekerja di pabrik sepatu "Sun Moon Star" di Kec.Buduran. Kab.Sidoarjo? (2) Dilema apakah yang ada dalam rumah tangga para buruh tersebut? (3) Masalah-masalah apakah yang ada dalam tempat kerja mereka? Sebagai upaya dalam memperoleh kebenaran atau mencari jawaban atas pertanyaan dari masalah yang dihadapi peneliti maka peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Dengan jenis penelitian fenomenologi. Sebagai pisau analisis peneliti menggunakan teori Fungsionalisme struktural. K.Merton, yang pada intinya, setiap sesuatu yang eksis clan tetap ada keberdaanya, berarti sesuatu itu masih berfungsi, tennasuk adanya buruh perempuan yang bekerja pada malam hari yakni jam 22.30-06.30, pasti ada manfaatnya baik bagi buruh tersebut, bagi pabrik, maupun orang-orang disekitar pabrik. Selain teori diatas peneliti juga menggunakan teori Feminisme, yang pada intinya bertujuan untuk mewujudkan keadilan dan kesetaraan gender dalam berbagai aspek kehidupan. Antara laki-laki dan perempuan mempunyi hak yang sama dalam masyarakat, termasuk hak para buruh perempuan untuk bekerja, bukan sebagai ibu rumah tangga saja. Hasil penelitian yang telah peniliti lakukan adalah (1) Ada berbagai factor yang mempengaruhi para buruh perempuan bekerja di pabrik sepatu Sun Moon Star tersebut diantaranya karena faktor ekonomi keluarga, faktor pendidikan, serta dekatnya tempat tinggal mereka dengan pabrik sepatu tersebut. (2) Dilema yang ada, jika mereka bekerja, mereka meninggalkan tugas clan kuwajibanya sebagai ibu rumah tangga, dan jika mereka tidak bekerja, kebutuhan tidak tercukupi. (3) Konflik antar karyawan, dan itu sifatnya Cuma sebentar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ainiyah, Siti NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Tenaga Kerja
Wanita
Karier
Uncontrolled Keywords: Buruh perempuan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Sosiologi
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 28 Sep 2017 07:56
Last Modified: 28 Sep 2017 08:00
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/20412

Actions (login required)

View Item View Item