Pengaruh profesionalisme guru terhadap peningkatan prestasi belajar siswa kelas VIII pada bidang studi Pendidikan Agama Islam (PAI) di MTs ar Rosyad Simogirang Prambon Sidoarjo tahun pembelajaran 2011- 2012

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mashuri, Mashuri (2012) Pengaruh profesionalisme guru terhadap peningkatan prestasi belajar siswa kelas VIII pada bidang studi Pendidikan Agama Islam (PAI) di MTs ar Rosyad Simogirang Prambon Sidoarjo tahun pembelajaran 2011- 2012. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (381kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (114kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (161kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (633kB)
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (902kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (167kB) | Preview
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (123kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi Profesionalisme Guru Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa. Hipotesis yang diajukan adalah "ada pengaruh Profesionalisme Guru Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII Pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Di MTs Ar-Rosyad Simogirang Prambon Sidoarjo Tahun Pembelajaran 201 1 - 2012". Untuk menguji kebenaran hipotesis instrumen berupa angket yang disebarkan kepada 5 guru PAI dan 30 siswa kelas VIII, model analisis yang diajukan adalah Korelasi Product Moment Karl Pearson pada taraf signifikansi a = 0,05 untuk hipotesis I dan rumus Coefficient Determinations untuk hipotesis II. Dari analisis diketahui bahwa Profesionalisme Guru Di MTs Ar-Rosyad Simogirang Prambon Sidoarjo Tahun Pembelajaran 2011 - 2012 dalam kategori "cukup baik". Hal ini dibuktikan dengan tanggapan responden terbesar pada interval 21 - 30 sebanyak 3 responden (60 %), dan Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII Pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) di Desa Simogirang Prambon Sidoarjo Tahun Pembelajaran 2011 - 2012 dalam kategori "cukup baik". Kesimpulan ini dibuktikan dengan tanggapan responden terbesar pada interval 21 - 30 yaitu 16 responden (53,3 %). Sedangkan basil penelitian terakhir menyatakan bahwa Profesionalisme Guru berpengaruh positif cukup baik terhadap peningkatan prestasi belajar siswa kelas VIII pada bidang studi Pendidikan Agama Islam (PAl) Di MTs Ar-Rosyad Simogirang Prambon Sidoarjo tahun pembelajaran 2011 - 2012. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai r hitung (0,610) > r tabel (0,334) pada taraf signifikan a = 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Hipotesis altematif (Ha) I yang penulis ajukan berbunyi "ada pengaruh yang signifikan Profesionalisme Guru Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII Pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam (PAl) Di MTs Ar-Rosyad Simogirang Prambon Sidoarjo Tahun Pembelajaran 2011 - 2012", terbukti kebenarannya atau "diterima". Sedangkan besamya pengaruh Profesionalisme Guru Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII Pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam (PAl) adalah kurang dari 0,50 (50%) yakni sebesar 0,3721 (37,21 %), meskipun kurang dari 50 % hipotesis II yang penulis ajukan terbukti kebenarannya atau "diterima".

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mashuri, Mashuri--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Profesionalisme Guru
Pendidikan > Prestasi Belajar
Uncontrolled Keywords: Profesionalisme guru; peningkatan prestasi belajar siswa; bidang studi PAI
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 28 Sep 2017 07:53
Last Modified: 08 Dec 2017 16:48
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/20411

Actions (login required)

View Item View Item