Peran suami tenaga kerja wanita dalam keluarga dan masyarakat Desa Bulaklo Kecamatan Balen Kabupaten Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zahro, Zurnia Anni Zuhriyatuz (2012) Peran suami tenaga kerja wanita dalam keluarga dan masyarakat Desa Bulaklo Kecamatan Balen Kabupaten Bojonegoro. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (922kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (115kB) | Preview
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (189kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (269kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: ( 1) bagaimana peran suami Tenaga Kerja Wanita dalam keluarga dan masyarakat desa Bulaklo kecamatan Balen kabupaten Bojonegoro, (2) bagaimana pandangan masyarakat terhadap suami TKW di desa Bulaklo kecamatan Balen kabupaten Bojonegoro. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dan tehnik pengumpulan datanya adalah dengan wawancara, observasi, serta dokumen yang terkait dengan penelitian. Teori yang digunakan adalah teori fungsionalisme struktural yang menyatakan bahwa satu bagian fimgsional terhadap yang lain, serta teori peran yang menyatakan bahwa jika seseorang telah menjalankan hak dan kewajibannya sesuai dengan kedudukannya maka dia telah menjalankan suatu peranan. Berdasarkan basil penelitian yang telah dilakukan diperoleh kesimpulan sebagai berikut; ( 1) Sebagian suami TKW hampir tidak berubah sama sekali perannya dalam keluarga dan masyarakat. Para suami TKW tersebut masih tetap bekerja mencari nafkah dan tetap melakukan tugas-tugasnya di rumah seperti mencuci dan juga •membersihkan rumah, hal ini karena suami TKW tersebut tinggal bersama dengan mertua atau orang tuanya. Dalam masyarakat pun suami TKW tersebut tetap mengikuti kegiatan-kegiatan yang ada, bahkan ada juga yang menjadi panitia dalam acara pengajian yang diselenggarakan oleb warga; (2) Sebagian suami TKW tidak lagi sebagai pencari natkah, namwi mengurus rumah dan juga merawat anak-anaknya. Istrinya yang menggantikan perannya sebagai pencari nafk:ah. Pada kasus ini umumnya para suami tersebut tidak tinggal bersama dengan orang tua ataupun mertuanya. Anak-anaknya juga masih kecil sehingga belum bisa mandiri. Dalam masyarakat suami para TKW ini masih tetap aktif. Jika ada acara masyarakat yang harus mereka ikuti, mereka menitipkan anak-anaknya kepada tetangga sebelah rumahnya; (3) Dalam pandangan masyarakat, suami TKW di desa Bulaklo kecamatan Balen kabupaten Bojonegoro tidak pernah melakukan perilaku yang menyimpang seperti mabuk-mabukkan, berselingkuh atau bahkan menikah lagi. Mereka masih selalu aktif dalam mengikuti kegiatan yang dilakukan dalam masyarakat. Hal ini menunjukkan bahwa suami para TKW mampu tetap berperan aktif dalam keluarga dan masyarakat meskipun istrinya mencari nafkah di luar negeri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zahro, Zurnia Anni ZuhriyatuzUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Keluarga
Masyarakat
Tenaga Kerja
Wanita
Uncontrolled Keywords: Peran suami; tenaga kerja wanita; keluarga; masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Sosiologi
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 28 Sep 2017 07:46
Last Modified: 28 Sep 2017 07:46
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/20410

Actions (login required)

View Item View Item