Hadis-hadis tentang keimanan: telaah Hadis No. 03 dan 12 dalam Kitab Irshad Al Ibad ila Sabil Al Rashad Karya Syekh Zainuddin Al Malibari

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Indayati, Mir'atin (2017) Hadis-hadis tentang keimanan: telaah Hadis No. 03 dan 12 dalam Kitab Irshad Al Ibad ila Sabil Al Rashad Karya Syekh Zainuddin Al Malibari. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mir'atin Indayati_E03213053.pdf

Download (734kB)

Abstract

Kitab Irshad al-Ibad Ila Sabil al-Rashad merupakan suatu kitab karya Ulama dari India yaitu Syekh Zainuddin al-Malibari yang berisi tentang berbagai hadis bercorak fiqh, dengan keunikan menyertakan nasehat serta hikayat dalam melengkapi penjelasan hadis terkait. Penukilan periwayatan dalam kitab ini juga bermacam-macam, diantaranya hanya menukil matannya saja, terkadang menukil hanya perawi pertama dan ada juga dengan menukil mukharrijnya saja. Dalam hal ini kualitas dari hadis yang terdapat dalam kitab Irshad al-Ibad ila sabil al-Rashad dengan berbagai macam cara penukilan perlu diteliti kualitas hadisnya. Terdapattiga rumusan masalah yang hendak dikaji dalam skripsi ini, yaitu (1)Bagaimana kualitas hadis nomor 03 dalam kitab Irshad al-Ibad ila sabil al-Rasyad? (2) Bagaimana kualitas hadis nomor 12 dalam kitab Irshad al-Ibad ila sabil al-Rashad?(3) Bagaimana pemaknaan hadis keimanan nomor 03 dan 12 oleh Zainuddin al-Malibara dalam kitab Irshad al-Ibad ila sabil al-Rashad? Untuk menjawab ketiga persoalan tersebut, maka penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan content-analisis.Persoalan yang ditemukan kemudian dianalisis dari segi isi dan kualitasnya dengan menggunakan teori keshohihan hadis dan pemaknaan hadis. Adapun subjek penelitian adalah kitab Irshad al-Ibad ila sabil al-Rashad. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kualitas hadis keimanan nomor 03 dan 12 dalam kitab Irshad al-Ibad ila sabil al-Rashad adalah sahih lidhatihi, dengan alasan sesuai dengan syarat-syarat kaidah kesahihan hadis, baik dari segi ketersambungan sanad yang menunjukkan liqa’ dan sezaman serta keadilan, ked}abitan perawi, juga dalam hal matan tidak bertentangan dengan hadis lain bahkan dengan Alquran dan terhindar dari cacat matan. Sedangkan pemaknaan hadis keimanan ini lebih cenderung dengan menitik beratkan pada ucapanLailaha illallah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Indayati, Mir'atinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Hadis
Uncontrolled Keywords: Hadis; keimanan; al Irsyad
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 27 Sep 2017 04:34
Last Modified: 11 Mar 2019 08:28
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/20385

Actions (login required)

View Item View Item