Analisis strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah kreatif SMP Muhammadiyah 18 Surabaya

Yuslikah, Yuslikah (2012) Analisis strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah kreatif SMP Muhammadiyah 18 Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (541kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (105kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (318kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (532kB)
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (867kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (511kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (170kB) | Preview
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (212kB)

Abstract

Pembelajaran merupakan suatu proses yang komplek dan melibatkan berbagai aspek yang saling berkaitan. Salah satu masalah yang dihadapi dunia pendidikan kita adalah masalah lemahnya proses pembelajaran. Dalam sistem pendidikan, guru memegang peranan sentral dalam proses pembelajaran. Untuk itu guru harus mempunyai cara atau metode yang tepat dalam menyampaikan suatu pelajaran salah satunya adalah dengan strategi pembelajaran. Dihubungkan dengan belajar mengajar strategi bisa diartikan sebagai perwujudan kegiatan belajar mengajar untuk mencapai tujuan yang telah digariskan. Dari latar belakang di atas, muncul rumusan masalah yang dapat diangkat: pertama, Bagaimana strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Kreatif SMP Muhammadiyah 18 Surabaya?, Kedua, Apa saja faktor pendukung dan penghambat proses penerapan strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Kreatif SMP Muhammadiyah 18 Surabaya? Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan kasus (case study), pengumpulan datanya dengan telrnik interview, observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis data mengikuti konsep yang diberikan Miles dan Hubenna.i. Pengecekan keabsahan data da:am penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian tersebut adalah strategi pembelajaran pendidikan agama islam di Sekolah Kreatif SMP muhammadiyah 18 surabaya dalam konteks Knowladge dilaksanakan dengan melalui strategi pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) dengan pendekatan tematik. Dengan faktor pendukung; Lokasi yang sangat kondusif dan efektif, keanekaragaman fasilitas dan sarana prasarana yang terscdia, guru-guru yang sangat mendukung sekali dalam penerapan strategi pembelajaran khususnya pelajaran PAI, dan Kepala Sekolah yang mempunyai jiwa pcmimpin yang cerdas dan inovatif, dengan kecakapan, keahlian, kesabaran. dan keihlasan, dan faktor penghambat: Guru non PNS, guru kurang kreatif dalam mengemas pembelajarannya. perlu adanya penambahan fasilitas sarana dan prasarana. Berdasarkan hasil penelitian di atas, disarankan kepada sekolah, khususnya bagi guru Pendidikan Agama Islam untuk leih meningkatkan profcsionalitasnya dalam mengajar dan lebih kreatif dalam menggunakan media pembelajaran yang telah tersedia sehingga pendidikan agama islam bisa menjadi pelajaran yang menjadi prioritas utama bagi siswa pada umumnya dan orang tua pada khususnya.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Sutiyono, Sutiyono
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran; Pendidikan Agama Islam; sekolah kreatif SMP Muhammadiyah 18 Surabaya
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Materi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 27 Sep 2017 02:12
Last Modified: 27 Sep 2017 02:12
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/20374

Actions (login required)

View Item View Item