Pengaruh kurikulum pesantren Islam Tarjumah terhadap pelaksanaan kurikulum SMA Rifaiyah Pati Jawa Tengah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mahmud, Amir (2012) Pengaruh kurikulum pesantren Islam Tarjumah terhadap pelaksanaan kurikulum SMA Rifaiyah Pati Jawa Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (341kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (123kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (181kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (622kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (158kB) | Preview

Abstract

Pendidikan pesantren adalah termasuk diantara soko guru pendidikan di indonesia, pendidikan pesantren termasuk juga sebagai pendidikan tertua di indonesia, dari pada itu banyak sekolah-sekolah di indonesia yang berlatar belakang pendidikan pesantren, dalam hal ini kurikulum pesantren lebih banyak di aplikasikan dan berjalan lebih lama dibandingkan kurikulum pendidikan formal, dalam hal ini kurikulum pesantren islam tarjumah banyak mengajarakan tentang pemahaman keislaman yang unik yang ungkin berbeda dengan pemahaman keislaman yang berbeda dengan umat islam pada umumnya. Pelaksanaan kurikulum sekolah yang pada umumnya berada dalam naungan satu yayasan dengan pesantren paa umumnya mempunyai keterikatan yang sangat kuat dalam banyak hal dengan pesantren tersebut, dalam banyak hal banyak pengaruh yag terjadi di sekolah tersebut mulai, dari distribusi santri yang bersekolah disekolah ttersbut sampai pada ustadz atau kyai yang mengajar di pesantren sedikit banyak ada yang mengajar di sekolah tersebut. Karena itu mahasiwa dalam hal ini guru peraktek dengan empat kompetensi diatas harus mampu memotivasi siswa yang diajarinya sehingga tujuan pembelajaran yang diharapkan tercapai. Berpegang dari latar belakang diatas serta dasar pemikiran yang terdapat didalamnya maka rumusan masalah yang peneliti angkat adalah, bagaimanakah pelaksanaan SMA Rifaiyah , Apakah ada pengaruh kurikulum pesantren islam tarjumah dengan pelaksanaan kurikulum SMA Rifaiyah Pati. Penelitian ini dilakukan di SMA Rifaiyah Pati Jawa Tengah, Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Dan pengumpulan datanya dilakukan dengan metode angket, observasi, interview dan dokumentasi. Kemudian data dianalisa menggunakan teknik analisa statistik, yaitu: teknik analisa prosentase dan teknik analisa Chi kuadrat yang kemudian di substitusikan ke dalam rumus KK ( Koefisien Kontingensi). Dari hasil pembahasan dan penelitian didapat kesimpulan sebagai berikut, pemahaman guru SMA Rifaiyah terhadap kurikulum pesantren islam tarjumah sudah cukup baik, terbukti dari hasil perhitungan prosentase menunjukkan 46, 15%. Dan pelaksanaan kurikulum SMA Rifaiyah Pati tergolong cukup, ini terbukti dari hasil perhitungan prosentase menunjukkan 69,23%. Sedangkan hasil analisis data tentang kurikulum pesantren islam tarjumah terhadap pelaksanaan kurikulum SMA Rifaiyah pengarunya adalah sedang. Hal ini terbukti dari hasil analisis data yang diperoleh adalah 4,7498 lebih besar dari padax 2tabel baik pada taraf signifikansi 20% dengan nilai 3,219 maupun pada signifikansi 10% dengan nilai 4,605. Adapun pengaruh yang ditimbulkan adalah tergolong lemah, hal ini berdasarkan "KK" dengan nilai 0,67 yang terletak antara 0,40-0,70 yang mana interpretasinya adalah lemah. Dengan demikian maka hipotesis kerja (Ha) diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mahmud, Amir--UNSPECIFIED
Subjects: Kurikulum
Pesantren
Uncontrolled Keywords: Kurikulum pesantren; Tarjumah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 26 Sep 2017 04:53
Last Modified: 08 Dec 2017 16:42
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/20360

Actions (login required)

View Item View Item