Efektivitas metode demonstrasi dalam meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam pada siswa SMPLB/C AKW Kumara II Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rokhim, M. Abdur (2012) Efektivitas metode demonstrasi dalam meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam pada siswa SMPLB/C AKW Kumara II Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (757kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (867kB) | Preview
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (363kB)
[img] Text
Bab 6.pdf

Download (160kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (199kB) | Preview

Abstract

Metode demonstrasi adalah suatu metode mengajar dimana seorang guru atau orang lain yang sengaja diminta atau murid sendiri memperlihatkan pada seluruh kelas tentang suatu proses atau suatu kaifiah melakukan sesuatu. Penelitian ini dilakukan di SMPLB-C AKW Kumara II dengan subyek sebanyak 15 orang diambil dari populasi keseluruhan. Siswa adalah siswa tunagrahita ringan yang Metode ini diterapkan pada materi Sholat untuk mata pelajaran pendidikan agama islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan metode demonstrasi terhadap peningkatan prestasi pendidikan agama islam pada siswa berkebutuhan khusus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang merupakan penelitian yang menekankan analisisnya pada data-data numerikal atau angka yang diolah dengan metode statistika serta dilakukan pada penelitian inferensial atau dalam rangka pengujian hipotesis, sehingga diperoleh signifikansi perbedaan antara variabel yang diteliti. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain eksperimen kuasi yang menggunakan eksperimen ulang non random (non random z pre test-post test control group desain) yang merupakan desain yang dilakukan dengan praktek sebelum perlakuan diberikan dan pasca tes sesudahnya. Dalam eksperimen ini kelompok yang digunakan tidak random. Metode demonstrasi sebagai variable dependent dengan prestasi belajar PAI sebagai variable independent. Untuk menguatkan penelitian, peneliti juga melengkapainya dengan tekhnik PTK. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan nilai tes formatif secara signifikan yaitu dari 60% menjadi 93,33%. Instrumen da1am penelitian ini juga valid dan reliabel yang dapat diketahui dengan nilai validitas diatas 0,514 dan reliabilitasnya mencapai 0,855 yang lebih tinggi dari nilai alpha minimal yaitu 0,6. Hal ini menunjukkan bahwa Ha diterima yaitu metode demonstrasi efektive meningkatkan prestasi belajar pendidikan agama islam pada siswa SMPLB/C AKW Kumara II Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rokhim, M. Abdur--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Prestasi Belajar
Uncontrolled Keywords: Metode demonstrasi; prestasi belajar; tunagrahita
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 26 Sep 2017 04:36
Last Modified: 08 Dec 2017 16:42
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/20359

Actions (login required)

View Item View Item