Peran kegiatan Ikatan Pencak Silat Nahdlatul Ulama (IPSNU) Pagar Nusa dalam pembinaan mental spiritual siswa di SMK YPM 6 Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Najib, M. Ainun (2012) Peran kegiatan Ikatan Pencak Silat Nahdlatul Ulama (IPSNU) Pagar Nusa dalam pembinaan mental spiritual siswa di SMK YPM 6 Bojonegoro. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (479kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (123kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (969kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (637kB) | Preview
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (123kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (186kB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/20336

Abstract

Manusia adalah makhluk istimewa yang diciptakan Allah dengan berbagai potensi, baik potensi rohani maupun potensi jasmani. potensi rohani pada manusia berupa kemampuan akal dan kalbu. Pada kemampuan akal, manusia tidak serta merta memahami dan tahu tentang suatu ilmu, sehingga dibutuhkan proses yang bemama pendidikan. pendidikan tidak hanya diartikan sebagai proses pembentukan intelektual semata, akan tetapi pendidikan berkaitan erat dengan perkembangan dan perubahan perilaku anak didik. Pendidikan bertalian dengan transfer pengetahuan, sikap, kepercayaan, keterampilan dan juga aspek-aspek lainnya yang berhubungan dengan pengetahuan. Tidak hanya menjadi tanggung jawab kepala sekolah, guru PAI ataupun guru BK, namun pembinaan serta perkembangan peserta didik adalah menjadi tanggung jawab masyarakat dan lingkungan sekolah. Dari proses belajar tersebut menjadi tolak ukur kepribadian yang akan menelorkan corak laku seseorang, proses pembentukan kepribadian seseorang tidak mandek pada batasan ruang kelas yang sempit dan pengap, akan tetapi pembentukan kepribadian lebih mengarah kepada pembinaan secara intensif, sebab dari pembinaan tersebut akan melahirkan kearifan dalam berfikir, bersikap dan bertindak. Pencak silat yang dipandang sebelah mata yang hanya menekankan pada pembinaan fisik temyata secara implisit terlibat dalam perkembangan dan pembinaan siswa. Tidak hanya penekanan seni bela diri yang cenderung menekankan pada aspek kemampuan teknis bela diri, aspek olah raga dan seni budaya. Namun ajaran mental spiritual merupakan salah satu unsur yang tidak bisa dipisahkan dalam dunia persilatan, artinya tidak ada satupun aliran I perguruan persilatan di Indonesia ini yang mengesampingkan ajaran tersebut. Penerapan ajaran ini biasanya disampaikan secara langsung maupun tidak langsung, sederhana dan tidak terlalu berbelit-belit sehingga tuntunan tersebut mudah dipahami oleh segala lapisan masyarakat. Hal ini yang menjadikan penulis tertarik untuk melakukan penelitian di sana. Dengan demikian jenis penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field study atau field research), maka penelitian ini menggunakan paradigma kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis. Dari penelitian ini mendapatkan temuan-temuan, bahwasanya IPSNU Pagar Nusa di SMK YPM 6 Bojonegoro telah mentransfonnasikan nilai-nilai mental spiritual melalui pembinaan dengan metode Dzikir, Talqin/Bai'at. Sehingga siswa yang mengikuti kegiatan tersebut tidak hanya mempelajari tekhnik bela diri yang cenderung menekankan pada aspek kemampuan teknis bela diri, aspek olah raga dan seni budaya. Namun ajaran mental spiritual menjadi bekal mereka dalam mengarungi kehidupan selanjutnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Najib, M. Ainun--UNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Dakwah - Metode
Keywords: Ikatan Pencak Silat Nahdlatul Ulama; IPSNU; Pagar Nusa; pembinaan mental spiritual siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 25 Sep 2017 06:45
Last Modified: 08 Dec 2017 16:40
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/20336

Actions (login required)

View Item View Item