Implementasi Signalong dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan komunikasi intrapersonal dan kemandirian belajar anak autis di Sekolah Menengah Pertama Inklusif Galuh Handayani Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kumala, Karina Dewi Retno (2017) Implementasi Signalong dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan komunikasi intrapersonal dan kemandirian belajar anak autis di Sekolah Menengah Pertama Inklusif Galuh Handayani Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Karina Dewi Retno Kumala_F12315211.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam penerapan signalong pada Pembelajaran PAI di SMP Inklusif Galuh Handayani, maka signalong inilah yang sangat dibutuhkan dalam penerapan, karena peserta didik berkebutuhan khusus sangat memperlukan signalong tersebut untuk lebih dalam mengenal PAIuntuk meningkatkan komunikasi dan kemandirian belajar baik dalam kehidupan maupun dalam pelajaran PAI. SMP Inklusif Galuh Handayani merupakan sekolah yang menyediakan pendidikan inklusif, dimana anak berkebutuhan khusus belajar bersama dengan anak normal lainnya. Yang terjadi adalah komunikasi intrapersonal dan kemandirian belajar anak autis tidaklah terbentuk dengan baikdan tidak sebanding dengan peserta didik normal lainnya, hal ini yang menjadi tujuan agar anak autis dapat berkomunikasi dua arah dan kemandirian belajar dapat muncul pada diri masing-masing anak autis terutama saat pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Adapun yang menjadi fokus dari studi ini adalah mencari sedetail-detailnya dengan rumusan masalah sebagai berikut:(1)Bagaimana implementasi signalong dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Inklusif Galuh Handayani?; (2) Bagaimana komunikasi intrapersonal anak autis melalui penerapan signalong dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Galuh Handayani?; (3) Bagaimana kemandirian belajar anak autis melalui penerapan signalong dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Galuh Handayani?; (4) Apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasi signalong dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan komunikasi intrapersonal dan kemandirian belajar anak autis di SMP Galuh Handayani? Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif, penelitian ini termasuk dalam metode deskriptif dengan pendekatan survey. Dengan tujuan membuat deskripsi, gambaran secara sistematis, factual dan akurat tentang fakta-fakta, sifat serta hubungan antara fenomena yang diselidiki. Metode deskriptif dirancang untuk mengumpulkan informasi tentang keadaan nyata sekarang (sementara berlangsung) dengan tujuan untuk menggambarkan keadaan yang berjalan saat penelitian dilakukan. Setelah dilakukan analisis, diperoleh simpulan bahwa implementasi signalong dalam pembelajaran PAI sangat diperlukan untuk meningkatkan komunikasi intrapersonal dan kemandirian belajar anak autis dalam proses pembelajaran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kumala, Karina Dewi Retnokarina.dewi70@yahoo.co.idUNSPECIFIED
Subjects: Agama
Komunikasi
Psikologi > Psikologi Anak
Psikologi Belajar
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Uncontrolled Keywords: Signalong; Komunikasi Intrapersonal; kemandirian belajar; pembelajaran PAI; anak autis
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Kumala Karina Dewi Retno
Date Deposited: 25 Sep 2017 01:18
Last Modified: 13 Mar 2019 01:11
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/20315

Actions (login required)

View Item View Item