Strategi kepala madrasah dalam mengembangkan madrasah unggulan berbasis pesantren di Madrasah Aliyah Unggulan PP Amanatul Ummah Surabaya

Muniroh, Nieshful Laily (2012) Strategi kepala madrasah dalam mengembangkan madrasah unggulan berbasis pesantren di Madrasah Aliyah Unggulan PP Amanatul Ummah Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (583kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (704kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (189kB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/20313

Abstract

Penelitian ini mencakup deskripsi tentang pola kepemimpinan kepala madrasah, strategi kepala madrasah dalam mengembangkan madrasah unggulan berbasis pesantren serta faktor penduk.ung dan faktor penghambat pelaksanaan strategi kepala madrasah dalam mengembangkan madrasah unggulan berbasis pesantren. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisa data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan oleh kepala madrasah dalam mengembangkan madrasah unggulan berbasis pesantren, yakni melalui tahapan perumusan rencana strategi (renstra) yang dilaksanakan setiap 1 tahun sekali dalam rapat kerja (raker). Rancangan rencana strategi tersebut diterjemahkan menjadi strategi pelaksanaan untuk mencapai tujuan. Strategi pengembangan tersebut dikelompokkan kedalam 9 aspek, yakni standar kompetensi lulusan, kurikulum, output (lulusan), pendidikan, SDM (tenaga pendidik dan kependidikan), sistem pendidikan, sarana prasarana, sistem penilaian serta penggalangan dana biaya pendidikan. Dengan penerapan strategi pengembangan tersebut, maka akan terealisasi apa yang menjadi tujuan bersama. Dari hasil analisa data telah diketahui bahwa strategi yang diterapkan kepala madrasah dalam mengembangkan madrasah unggulan berbasis pesantren merupakan strategi yang kompleks karena mencakup seluruh aspek yang dibutuhkan madrasah unggulan yang mana dikembangkan oleh kepala madrasah dan warga madrasah. Hal ini dapat ditinjau dari perbedaan aspek strategi pengembangan madrasah secara konseptual, yang hanya mencakup 7 aspek, yakni manajemen madrasah, kurikulum, pembelajaran, layanan kepada siswa, bakat dan minat, lingkungan belajar serta sarana dan prasarana. Dengan begitu, madrasah telah mampu menterjemahkan strategi konseptual tersebut menjadi suatu strategi yang dibutuhkan oleh madrasah untuk. menjadi madrasah unggulan berbasis pesantren.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Zainiyati, Husniyatus Salamah
Uncontrolled Keywords: Strategi pengembangan; Madrasah Unggulan berbasis pesantren
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Profesionalisme Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 22 Sep 2017 08:24
Last Modified: 08 Dec 2017 16:39
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/20313

Actions (login required)

View Item View Item