العناصر الداخلية في رواية مذكرات طبيبة لنوال السعدوي

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Purwati, Yeni (2012) العناصر الداخلية في رواية مذكرات طبيبة لنوال السعدوي. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (525kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (110kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (114kB)
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (599kB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (426kB) | Preview
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (211kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (119kB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/20279

Abstract

Nawal El Sadawi adalah seorang penulis terkenal dunia. Dia adalah seorang novelis, psikiater, dan penulis lebih dari empat puluh buku fiksi dan non fiksi. Dia menulis dalam bahasa Arab dan tinggal di Mesir. Novel dan buku-bukunya pada situasi perempuan memiliki efek yang mendalam pada generasi-generasi perempuan muda dan laki-laki selama lima dekade terakhir. Skripsi ini menjelaskan tentang unsur intrinsik dalam novel "Memoar Seorang Dokter Perempuan" Karya Nawal Sa'dawi. Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: I ) Siapakah Nawal el-Sa'dawi?. 2) Apa isi novel "Memoar Seorang Dokter Perempuan" ?. 3) Bagaimana unsur-unsur intrinsik yang ada dalam novel tersebut?. Berkenaan dengan masalah tersebut, dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan unsur intrinsik dalam membahas novel "Memoar Seorang Dokter Perempuan". Metode yang digunakan adalah metode bayani dan tahlili agar memperoleh data yang konprehensif dalam menjawab rumusan masalah tersebut. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: I) Nawal El Sadawi adalah salah satu sastrawan Mesir yang terkenal dengan feminisme dan karya-karyanya yang mengkritik tajam pada kedzaliman yang dilakukan pemerintah terhadap masyarakat di tingkat bawah dan penindasan kaum Adam terhadap perempuan. Di samping ia terkenal dengan sastrawan ia juga seorang dokter kejiwaan. Sebagai sastrawan dan dokter, ia mampu menelurkan banyak karya dalam berbagai hal. Hal ini juga dapat diketahui dalam novel "Memoar Seorang Dokter Perempuan". Novel tersebut menggambarkan tentang gairah seorang pemuda yang mencoba mengkritisi ketidakadilan gender akibat dari budaya patriarki di Mesir pada masa pemerintahan presiden Anwar al Saddat, karena hal tersebut nawal (tokoh" Aku") memutuskan untuk study ilmu kedokteran. Unsur-unsur intrinsik yang ditemukan di dalam novel Memoar Seorang Dokter Perempuan adalah I) temanya mengetengahkan ketidakadilan gender akibat budaya patriarki, 2)penokohan menggunakan tokoh Aku , 3) latar novel tersebut di Mesir pada masa pemerintahan Anwar al Saddat, 4) plot maju, 5) gaya bahasa yang digunakan adalah kiasan, hiperbola dan personifikasi, 6) suasana batin pengarang tersebut sangat terkungkung oleh sistem patriarki di dalam keluarganya dan di masyarakat hingga akhimya dia memutuskan belajar ilmu kedokteran untuk mengetahui perbedaan perempuan dan lelaki.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Purwati, Yeni--UNSPECIFIED
Subjects: Kesusastraan > Kesusastraan Arab
Keywords: Unsur Intrinsik Novel; Nawal el Sa'dawi
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 20 Sep 2017 04:46
Last Modified: 08 Dec 2017 16:36
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/20279

Actions (login required)

View Item View Item