Sejarah pemikiran ekonomi Islam: analisis pemikiran tokoh dari masa Rasulullah SAW hingga masa kontemporer: buku perkuliahan Program S-1 Program Studi Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah) Fakultas Syari’ah dan Hukum UIN Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ulum, Fahrur (2015) Sejarah pemikiran ekonomi Islam: analisis pemikiran tokoh dari masa Rasulullah SAW hingga masa kontemporer: buku perkuliahan Program S-1 Program Studi Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah) Fakultas Syari’ah dan Hukum UIN Sunan Ampel Surabaya. IAIN Press, Surabaya.

[img]
Preview
Text
Sejarah pemikiran ekonomi Islam.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Buku perkuliahan ini disusun sebagai salah satu sarana pembelajaran pada mata kuliah Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam. Secara rinci buku ini memuat beberapa paket penting meliputi; 1). pendahuluan yang memaparkan ruang lingkup pembahasan pemikiran ekonomi Islam serta perkembangan umum pemikiran ekonomi Islam dari masa ke masa. Pada bab-bab selanjutnya berturut turut kami kupas pemikiran para tokoh dengan pembagian masa antara lain; masa Rasulullah SAW, masa Khulafa’ ar-Rasyidah, masa pembangunan fiqih iqtis}a>d, masa formalisasi kebijakan publik, masa pemantapan kebijakan publik, masa kemapanan ekonomi, masa fatwa, masa modernisasi, dan masa kebangkitan kembali ekonomi Islam atau masa kontemporer. Pembahasan dalam buku ini diurutkan dari para tokoh yang dianggap berperan terhadap sejarah perkembangan pemikiran ekonomi Islam dari masa Rasulullah SAW hingga saat ini. Pengelompokkan para tokoh tersebut sesuai dengan zamannya dengan mempertimbangkan karakteristik pemikiran ekonomi yang terjadi pada masanya. Sedangkan pengurutan tokoh berdasarkan tahun kelahiran mereka. Selanjutnya secara berturut-turut dari setiap bab kami paparkan karakteristik utama pemikiran pada tiap fase, selanjutnya siapa saja tokoh-tokohnya dan apa pemikiran utama yang disampaikan oleh para tokoh. Dengan model penggambaran seperti itu, maka kami berharap para pembaca dapat memahami secara lebih komprehensif dan terstruktur perkembangan pemikiran ekonomi Islam dari masa ke masa. Akhirnya, penulis ucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah turut membantu dan berpartisipasi demi tersusunnya buku perkuliahan Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam, khususnya kepada Islamic Development Bank (IDB) dan UIN Sunan Ampel Surabaya yang telah mendanai penerbitan buku ini. Demikian, semoga buku ini bermanfaat bagi banyak orang. Segala kekurangan dalam buku ini mohon dikritik secara proporsional demi kebaikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Book
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ulum, FahrurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Nabi Muhammad
Pemikiran
Keywords: Pemikiran; ekonomi Islam; masa Rasulullah SAW; masa kontemporer
Divisions: Karya Ilmiah > Buku Ajar
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 18 Sep 2017 08:17
Last Modified: 18 Sep 2017 08:17
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/20227

Actions (login required)

View Item View Item