Kerukunan antarumat beragama: studi tentang hubungan antarumat Islam dan Hindu di Desa Balonggarut Kecamatan Krembung Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Magfiroh, Tri (2017) Kerukunan antarumat beragama: studi tentang hubungan antarumat Islam dan Hindu di Desa Balonggarut Kecamatan Krembung Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Tri Maghfiroh_E92213062.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Kerukunan Antarumat Beragama (Studi tentang Hubungan Antarumat Islam dan Hindu di Desa Balonggarut Kecamatan Krembung Kabupaten Sidoarjo)”, disusun oleh Tri Magfiroh Prodi Studi Agama-agama Fakultas Ushuludin dan Filsafat. Indonesia merupakan negara majemuk yang memiliki keberanekaragaman bangsa, budaya, suku, ras dan agama. Tetapi keberagaman ini dapat menimbulkan sebuah perselihan baik internal maupun eksternal.Seperti halnya konflik agama yang sudah terjadi di Indonesia. Agama yang merupakan sebuah keyakinan untuk pegangan hidup tambah dijadikan sebuah alasan terjadinya konflik. Tetapi lain dari desa Balonggarut ini, disini ada dua agama yang hidup dalam satu desa tetapi mereka mampu hidup rukun dan damai. Oleh karena itu di rumusan skripsi ini penulis membahas tentang bentuk-bentuk kegiatan keagamaan dan sosial masyarakat dan juga faktor-faktor yang melatarbelakangi kerukunan antarumat beragama. Dari penelitian ini, diperoleh dari studi lapangan dengan menggunakan metode observasi dan wawancara. Dengan metode ini penulis dapat membuat laporan untuk dokumentasi skripsi ini. Teori yang digunakan adalah teori struktural fungsional dari Talcott Parsons yaitu melihat masyarakat dari sosialnya, dengan melihat bagaimana bentuk-bentuk kegiatan dan fakto-faktor terjadinya kerukunan antarumat beragama. Oleh sebab itu peneliti memilih desa Balonggarut sebagai tempat penelitian, karena disini ada dua agama yang berbeda yaitu Islam dan Hindu yang mana mereka selama ini hidup rukun bertetangga, saling tolong menolong satu sama lain, dan saling menghormati. Dalam penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kerukunan antarumat beragama yang berada di Desa Balonggarut Kecamatan Krembung Kabupaten Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Magfiroh, Triunachaka1@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Agama > Hindu
Islam
Kerukunan Beragama
Uncontrolled Keywords: Kerukunan antar umat; Islam; Hindu
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Magfiroh Tri
Date Deposited: 18 Sep 2017 06:52
Last Modified: 11 Mar 2019 07:46
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/20216

Actions (login required)

View Item View Item